Implementasi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Di Panti Asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus

Najah, Nida Safinatun (2020) Implementasi Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Di Panti Asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (580kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (268kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (433kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (115kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (245kB)

Abstract

Penelitian skripsi ini memiliki tujuan untuk memaparkan hasil temuan tentang implementasi bimbingan dan konseling Islam di panti asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri anak di panti asuhan, implementasi bimbingan konseling Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak di panti asuhan dan hasil dari implementasi bimbingan konseling Islam. Oleh pembimbing bimbingan konseling Islam diberikan sebagai bantuan dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak agar anak asuh mampu mengembangkan potensi sebagi pribadi yang positif dan dapat meraih cita-cita yang diinginkan secara optimal dan lebih baik kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan data langsung dari objek lapangan yang di teliti. Pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi berupa catatan dan foto-foto data terkait yang kemudian disajikan dalam pembahasan penelitian dengan bentuk naratif. Dalam mengambil data lapangan peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan menentukan jumlah sampling informan sebanyak empat jenis, yaitu : (1) Pengasuh;, (2) Pengurus;, (3) Anak asuh panti asuhan;, (4) Orang tua. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) Faktor yang mempengaruhi kurangnya rasa percaya diri pada anak di panti asuhan adalah latar belakang kondisi keluarga seperti kepergian orang tua atau keadaan ekonomi keluarga dari anak asuh yang mengharuskannya bertempat tinggal di panti asuhan serta pengalaman hubungan dengan lingkungan yang didapat seperti ejekan dan cemooh karena kondisi anak asuh;, (2) Implementasi dari bimbingan konseling Islam yang diberikan oleh pembimbing atau konselor sudah cukup tepat, melalui arahan, nasihat, penguatan psikis, praktik tingkah laku langsung, kegiatan keagamaan, dan pendampingan secara intens kepada anak asuh atau klien setiap hari sesuai dengan kebutuhan anak dan jadwal yakni sehabis shalat magrib atau menjelang waktu tidur anak untuk menghasilkan perubahan nyata pada aspek kepribadiannya sesuai dengan tuntunan agama;, (3) Setelah dilaksanakan, implementasi bimbingan konseling Islam dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak asuh di panti asuhan Budi Luhur Jekulo Kudus menghasilkan dampak yang cukup memuaskan ditunjukkan dengan perubahan kepribadian positif serta benar-benar mampu memberikan bantuan dalam menumbuhkan kepercayaan diri pada anak panti asuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling Islam, Kepercayaan Diri
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Aug 2021 08:20
Last Modified: 20 Aug 2021 08:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4937

Actions (login required)

View Item View Item