Nashihatin, Rif’a (2020) Penerapan Metode Muroja’ah Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Pada Mata Pelajaran BTQ Siswa Kelas IV MI Sultan Agung 01 Sukolilo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER.pdf Download (683kB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (68kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (97kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (320kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (107kB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (159kB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (80kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (71kB) |
Abstract
Menghafal al-qur’an menjadi bagian dari upaya untuk memudahkan seseorang di dalam memahami dan mengingat isi kandungan al-qur’an. Dengan hafal al-qur’an berarti ikut menjaga keotentikannya serta menjadi amal saleh tujuannya yaitu (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan metode muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an pada mata pelajaran BTQ siswa kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo tahun pelajaran. (2) Untuk Mengetahui kendala-kendala dalam penerapan metode muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an pada mata pelajaran BTQ siswa kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo. (3) Untuk mengetahui solusi penerapan metode muroja’ah dalam meningkatkan kualitas hafalan al-qur’an pada mata pelajaran BTQ siswa kelas IV di MI Sultan Agung 01 Sukolilo Dalam hal ini MI Sultan agung 01 Sukolilo menggunakan metode muroja’ah agar hafalan para siswanya tetap terjaga dan terpelihara dengan baik yakni dari segi tajwid maupun makhrojnya dan mertajam hafalan yang baru maupun yang lama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dilaksanakan di MI Sultan Agung 01 Sukolilo, pada bulan juli-agustus 2020. Subjek penelitian adalah guru BTQ/Tahfidz, sedangkan informan penelitian adalah kepala sekolah, guru BTQ/Tahfidz, siswa kelas IV dan orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi data, teknik analisis data yang digunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)penerapan metode muroja’ah di MI Sultan Agung 01 Sukolilo yaitu : muroja’ah hafalan disemak oleh gurunya, muroja’ah hafalan dengan orang tua, teman, atau guru ngajinya sebelum disetorkan kepada gurunya. Setoran hafalan baru dan lama dengan gurunya. (2) kendala-kendala yang dialami dalam penerapan metode ini yaitu : siswa yang tidak memiliki HP android, jarak rumah yang jauh, tidak fokus, malas, dan kesibukan orang tua. (3) solusi penerapan metode murojaah dalam meningkatkan kualitas hafalan pada mata pelajaran BTQ siswa kelas IV di MI Sultan Agung ini adalah guru mengadakan pembelajaran luring, siswa melakukan muroja’ah denga orang tuanya dan meminta tolong guru ngajinya untuk memuroja’ahkan hafalan putra putrinya supaya baik dan lancar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Muroja’ah, Menghafal Al-Qur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 02:38 |
Last Modified: | 25 Aug 2021 02:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4940 |
Actions (login required)
View Item |