Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Fiqih Di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Ajaran 2019/2020

Rejeki, Febriyanti Sri (2019) Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Fiqih Di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER KATA PENGANTAR.pdf

Download (884kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (268kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (316kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (276kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui Profesionalisme Guru Fiqih di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. (2) Untuk Mengetahui Profesionlisme Guru dalam Mengembangkan Materi Ajar Fiqih di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. (3) Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Fiqih dalam Mengembangkan Materi Ajar Fiqih di MA Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tekik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun lokasi penelitian di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati. Adapun Temuan penelitian ini adalah: Pertama, Profesionalisme guru fiqih di Madrasah Aliyah Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati memenuhi empat dimensi yaitu: Kemampuan pedagogik, kemampuan kepribadian, dan kemampuan sosial dan kemampuan profesional. Kedua, Berkaitan dengan mengembangkan materi ajar fiqih pada temuan data bahwa: (a) Dalam pengumpulan materi yang dilakukan oleh guru fiqih, yaitu membuat perumusan tujuan pembelajaran sebelum proses pembelajaran dimulai, membuat rencana pembelajaran, memilih materi yang akan disampaikan sesuai dengan rancangan program semester dan program tahunan yang telah dirancang (b) Menyusun materi, berdasarkan pada temuan bahwa guru fiqih menentukan materi berdasarkan urutan pembelajaran dengan cara mengidentifikasi terlebih dahulu bagaimana standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam silabus, kemudian baru menentukan tujuan yang ingin dicapai, setelah itu barulah menentukan materi apa yang akan diajarkan. (c) Mengidentifikasi materi-materi, pembelajaran yang menggunakan beberapa sumber ajar. Di Madrasah Silahul Ulum dalam pembelajan fiqih menggunakan beberapa sumber belajar. Selain menggunakan buku K13, ada buku paket lain sebagai penunjang. Dan juga tambahan menerabkan penggunaan kitab ghayatul wusul. Ketiga, Berkenaan dengan faktor yang mendukung profesionalitas guru dalam pengembangan materi ajar fiqih di Madrasah Silahul Ulum adalah: Sarana prasarana, kemampuan guru, motifasi dari pihak Madrasah. Disamping faktor pendukung ada juga faktor penghambat dalam mengembangkan materi ajar yaitu: Keterbatasan waktu dan kurangnya pemanfaatan teknologi pembelajaran dan alat peraga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Profesionalisme guru, mengembangkan materi ajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2021 03:03
Last Modified: 27 Aug 2021 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4977

Actions (login required)

View Item View Item