Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus

Syifa’, Layyinatus (2021) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (660kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (576kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (830kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (889kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (924kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (625kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (592kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan kompetensi guru di MI NU Miftahut Tholibin, (2) untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus, (3) untuk mendeskripsikan kendala dalam meningkatkan kompetensi guru di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru-guru, dan peserta didik MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data didapatkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa 1) Kompetensi guru di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus sudah baik. Hal tersebut dilihat dari segi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesionalnya. 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus yaitu rapat rutinan, pelatihan maupun diklat, supervisi dan kunjungan kelas, dan pemberian motivasi kepada guru. Bentuk upaya pemberian motivasi guru yaitu dengan kedisiplinan, penghargaan (reward), dan dorongan. 3) Kendala-kendala kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus meliputi faktor: sarana prasarana yang kurang memadai dari madrasah dan guru enggan mengembangkan potensi dalam hal membuat media pembelajaran. Adapun upaya dalam mengatasi kendalanya yaitu kepala sekolah berusaha untuk memfasilitasi sarana prasarana serta mengikutsertakan pelatihan maupun diklat agar guru mampu untuk mengembangkan potensinya. Selain itu, untuk media pembelajaran, guru bisa menggunakan media visual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepala Sekolah, Kompetensi Guru
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:14
Last Modified: 01 Sep 2021 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5007

Actions (login required)

View Item View Item