Korelasi Antara Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Hidayatul Mustafidin Tahun Pelajaran 2020/2021

Rahmawati, Evie (2021) Korelasi Antara Kecerdasan Spiritual Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Akidah Akhlak Kelas VIII Di MTs Hidayatul Mustafidin Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (841kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (205kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (518kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (800kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (534kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (368kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan spiritual, motivasi belajar dan hasil belajar kognitif aqidah akhlak kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidin tahun pelajaran 2020/2021 dan untuk mengetahui apakah terdapat kolerasi positif antara kecerdasan spiritual dan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif aqidah akhlak kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidin tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, menggunakan pendekatan kolerasi. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah kelas VIII sebanyak 65 peserta didik. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik probability sampling dalam bentuk simple random sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, dokumentasi, kuesioner (angket), dan observasi. Hasil penelitian antara kecerdasan spiritual dan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif akidah akhlak kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidin tahun pelajaran 2020/2021 untuk kecerdasan spiritual diperoleh nilai mean sebesar 59.30 berada dalam kategori sedang, motivasi belajar diperoleh nilai mean sebesar 58.75 berada dalam kategori sedang, dan hasil belajar kognitif diperoleh nilai mean sebesar 68.25 berada dalam kategori sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kecerdasan spiritual dan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif aqidah akhlak kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidin tahun pelajaran 2020/2021 berada dalam kategori sedang atau kategori memuaskan. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis yang telah penulis uraikan pada bab IV dalam laporan dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa: hasil analisis data pada peserta didik kelas VIII di MTs Hidayatul Mustafidin tahun pelajaran 2020/2021 hipotesis penelitian diterima. Hal ini dapat dilihat berdasarkan pada hasil perhitungan menggunakan SPSS windows release 16.0 yaitu didapatkan nilai signifikansi pada taraf kesalahan 5% dengan jumlah responden 56 diperoleh nilai sig F Change sebesar 0.016 < 0.05, sehingga antara variabel kecerdasan spiritual dan motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif memiliki korelasi yang positif dan signifikan. Jadi, dapat disimpulkan apabila kecerdasan spiritual dan motivasi belajar peserta didik meningkat, maka hasil belajar kognitif juga akan meningkat. Sebaliknya, apabila kecerdasan spiritual dan motivasi belajara menurun, maka hasil belajar kognitif juga akan menurun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Spiritual, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar kognitif.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:19
Last Modified: 07 Sep 2021 03:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5083

Actions (login required)

View Item View Item