Strategi Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Mts Nu Nurul Huda Kaliwung Kudus

Nilawati, Nilawati (2019) Strategi Guru Pai Mengatasi Kesulitan Siswa Dalam Membaca Al-Qur’an Di Mts Nu Nurul Huda Kaliwung Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (303kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (562kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (428kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (600kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (323kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (851kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana strategi guru PAI mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an. adapun tujuan dalam penelitian yaitu : 1) Untuk mengetahui pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus 2) Untuk mengetahui Bentuk kesulitan dan faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus 3) Untuk mengetahui Strategi guru PAI dalam mengatasi kesulitan siswa dalam membaca Al-Qur’an di MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian adalah field research dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sumer data yang digunakan adalah sumer data primer meliputi kepala MTs, Waka Kesiswaan, guru PAI, Wali Murid dan siswa siswi di MTs Nu Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Tekknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Pembelajaran Al-Qur’an di MTs Nu Nurul Huda menggunakan metode yanbu’a. Dimana awalnya siswa-siswi di saring untuk dikelompokkan sesuai dengan kemmapuan membaca Al-Qur’annya. bagi siswa-siswi yang kurang dalam membaca Al-Qur’an maka akan dimasukan kedalam kelompok belajar membaca Al-Qur’an sesuai tingkatan jilidnya. Dan bagi siswa-siswi dengan bacaan yang baik akan dimasukan kedalam kelompok khotmil Al-Qur’an. 2) Bentuk kesulitan yang dihadapi siswa-siswi MTs Nu Nurul Huda dalam membaca Al-Qur’an ialah mengenai makharijul huruf, Ilmu Tajwid, dan panjang pendek bacaan. Faktor yang mempengaruhi kemampuan membaca Al-Qur’an umumnya dikarenakan faktor perhatian keluarga, lingkungan masyarakat, teman sebaya, riwayat pendidikan Al-Qur’an dan alat elektronik Hp. 3) Strategi guru PAI di MTs Nu Nurul Huda lebih banyak mengarah ke sisi minat siswa. Guru ingin memunculkan minat dan motivasi siswa terlebih dahulu untuk belajar membaca Al-Qur’an dengan cara memberikan nasihat, motivasi dan membuat suasana pembelajaran kondusif dan menyenangkan. Kemudian memaksimalkan metode dan media yang ada dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru PAI, Kesulitan, membaca Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Sep 2021 04:00
Last Modified: 09 Sep 2021 04:00
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item