Implementasi Metode Qiraati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Setiyawati, Apriyanti Firna (2021) Implementasi Metode Qiraati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (336kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (535kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (555kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (670kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (462kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus, (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dengan metode obeservasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dikumpulkan kemudian dianalisis secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus, meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran Membaca Al-Qur’an dengan metode Qiraati di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus dilaksanakan 5 hari dalam satu minggu, dan yang satu harinya digunakan untuk praktik sholat. Kegiatan belajar mengajar selama 75 menit dilakukan dalam 4 bagian yaitu materi tambahan yang dibaca di halaman Madrasah sebelum masuk kelas (15 menit). Kegiatan inti, membacakan peraga (15 menit), pengajaran individual buku jilid Qiraati (30 menit), penutup dengan membacakan peraga lagi (15 menit). (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi metode Qiraati dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di MI NU Al Khurriyah 02 Besito Gebog Kudus. Faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana yang memadai yang berikan oleh pihak sekolah, adanya guru yang bersyahadah, adanya guru yang disiplin, adanya siswa yang selalu semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran membaca Al-Qur’an. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurang disiplinnya peserta didik MI NU Al Khurriyah 02 Besito (sering tidak membawa buku Qiraati dan buku prestasi), siswa lupa dengan materi karena libur semester, keadaan didalam kelas kurang kondusif , terbatasnya kegiatan belajar pada masa pandemi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Qiraati, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:03
Last Modified: 13 Sep 2021 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5111

Actions (login required)

View Item View Item