Fadzilah, Nisaul (2021) Hubungan Partisipasi Orang Tua Bekerja di Industri dengan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Siswa di MI Kedungombo Buaran Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (826kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (265kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (452kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (830kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (727kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (714kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (357kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (439kB) |
Abstract
Orang tua berperan sebagai pendidik pertama dalam keluarga. Peran orang tua sangat menentukan perkembangan anak karena orang tua memiliki ikatan batin yang kuat bagi anak. Selain itu, orang tua juga berperan dalam pembentukan karakter anak di kehidupannya. Pengamatan awal penulis di MI Kedungombo, terdapat orang tua siswa yang mayoritas ibu memiliki kesibukan berkerja di industri yang banyak berdiri di kecamatan Mayong sehingga berpengaruh terhadap pendidikan anak. Penelitian ini akan menganalisis tentang partsipasi orang tua khususnya ibu yang bekerja di industri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara partisipasi orang tua (ibu) yang bekerja di industri terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas V di MI Kedungombo, Buaran, Mayong, Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Kedungombo sebanyak 33 anak. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan sampel kuota, Sampel pada penelitian ini adalah 15 siswa yang memiliki ibu bekerja di Industri. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Instrument penelitian di uji validitas dan reliabilitas dengan memiliki nilai rhitung > rtabel Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara partisipasi orang tua bekerja di industri terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas V di MI Kedungombo Buaran Mayong Jepara nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,798 > 0,514) dan nilai signifikansi sebesar 0,034; yang berarti kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), artinya partisipasi orang tua berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa. semakin baik partisipasi terhadap pendidikan anak, maka akan semakin tinggi motivasi belajar siswa, dan motivasi belajar yang tinggi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Implikasi dari penelitian penulis terhadap teori dan realitas lapangan adalah bahwa kunci utama dari motivasi belajar dan prestasi belajar berasal dari partisipasi orang tua. Apabila orang tua dapat menyeimbangkan peran ganda sebagai orang tua (ibu), dan pekerja, maka motivasi belajar anak akan berada dalam kondisi baik, dan tentunya akan berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Partisipasi Orang Tua, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:24 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5123 |
Actions (login required)
View Item |