Efektivitas Layanan Bimbingan Karir Sebagai Sarana Orientasi Karir Masa Depan (Future Career Orientation) Peserta Didik di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. IAIN Kudus

Muhlasin, Ahmad (2021) Efektivitas Layanan Bimbingan Karir Sebagai Sarana Orientasi Karir Masa Depan (Future Career Orientation) Peserta Didik di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (286kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (384kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (420kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (274kB)

Abstract

Layanan Bimbingan Karir merupakan salah satu program layanan yang diadakan oleh guru BK MAK Al Irsyad Gajah Demak. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan karir bagi peserta didik, bagaimana orientasi karir masa depan peserta didik, serta keefektifan layanan karir untuk membantu mempersiapkan jenjang serta ranah karir di masa depan pada diri peserta didik, sehingga masing-masing dari mereka paham akan pentingnya karir serta akan mempersiapkan karirnya dari jauh-jauh hari melalui layanan bimbingan karir di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan jenis penelitian yang dipakai adalah penelitian lapangan (field research) dengan tehnik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini berada di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak dengan waktu penelitian terhitung dari 26 September 2020 sampai dengan 20 Desember 2020. Subyek penelitian ini adalah para Guru Bimbingan Konseling madrasah, Peserta Didik kelas duabelas (XII), serta Kepala Madrasah. Uji keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi dengan tehnik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Setelah semua data sudah terkumpul dan di analisis, penelitian ini berhasil memperoleh temuan-temuan, yaitu: 1.) Pelaksanaan layanan Bimbingan Konseling Karir dimulai sejak peserta didik masuk awal sekolah dari kelas sepuluh, sebelas, dan duabelas secara berkesinambungan (continue) pada masing-masing jurusan peserta didik serta dengan program yang sudah disusun oleh pihak BK dan madrasah, bentuk layanannya berupa layanan klassikal, layanan individu, maupun layanan kelompok tergantung pada kebutuhan yang terdapat pada peserta didik, untuk kelas duabelas layanan yang di prioritaskan yaitu layanan bimbingan karir karena untuk menunjang orientasi karir masa depan peserta didik 2.) Orientasi karir peserta didik kelas duabelas sangat baik dan variatif, karena mereka sudah paham dan mengerti akan skill, minat dan bakat yang mereka miliki sehingga hal tersebut sangat membantu dan dapat menentukan ranah karir peserta didik. 3.) Keefektifan layanan bimbingan karir di MA Keterampilan Al Irsyad Gajah Demak sangat baik karena peserta didik sangat terbantu dengan adanya layanan BK karir di madrasah, kepuasan dan antusiasme peserta didik luarbiasa karena cara yang digunakan guru BK saat menyampaikan layanan mudah diterima dan dipahami, dengan adanya layanan karir tersebut peserta didik dapat memacu dan mengasah skill minat serta bakatnya selama dimadrasah sehingga mereka dapat menemukan ranah karir yang tepat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan BK, BK Karir, Orientasi Karir
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi > 150.92 Psikolog
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Sep 2021 07:56
Last Modified: 14 Sep 2021 07:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5136

Actions (login required)

View Item View Item