Adab Menuntut Ilmu Dalam Kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna Karya Syeikh Muhammad Syakir

Lailiyah, Kurniatul (2021) Adab Menuntut Ilmu Dalam Kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna Karya Syeikh Muhammad Syakir. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (616kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (474kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (711kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (889kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (477kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (469kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adab menuntut ilmu dalam kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna Karya Syeikh Muhammad Syakir. Dan untuk mengetahui relevansi adab menuntut ilmu dalam kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna karya Syeikh Muhammad Syakir dengan pendidikan akidah akhlak di madrasah ibtidaiyyah. Tujuan tersebut digunakan untuk menjawab pertanyaan dari rumusan masalah. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Library Research (penelitian kepustakaan). Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan metode analisis isi (content analysis) yang berkaitan dengan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Adab menuntut ilmu dalam kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna karya Syeikh Muhammad Syakir adalah bagian akhlak terpuji yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam menuntut ilmu supaya dimudahkan, dilancarkan, serta bermanfaat ilmu yang diperolehnya. Adapun akhlak-akhlak tersebut meliputi: dalam menuntut ilmu seorang peserta didik harus bersungguh-sungguh dan memiliki semangat yang tinggi, dapat memanfaatkan waktu dengan baik, membaca dan memahami materi, bertanya apabila mengalami ketidak pahaman serta melakukan diskusi dengan teman, belajar secara bertahap (continue), harus menciptakan situasi dan kondisi yang kondusif, selalu patuh dan tunduk terhadap peraturan, lebih memuliakan pendidik, bersikap rendah hati/tawadhu’, menjauhi takabbur dan akhlak tercela, mencari ridho pendidik, serta senantiasa berdo’a dan bertawakkal. 2) Terdapat relevansi antara adab menuntut ilmu dalam kitab Washoya Al-Abaa Lil Abnaa karya Syaikh Muhammad Syakir dengan pendidikan akidah akhlak di madrasah ibtidaiyyah. Relevansinya yaitu mata pelajaran akidah akhlak di madrasah ibtidaiyyah yang menggunakan kurikulum 2013 pada silabus pembelajarannya terdapat beberapa materi yang berhubungan dengan adab menuntut ilmu dalam kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna karya Syaikh Muhammad Syakir. Materi tersebut antara lain: adab belajar, sikap ramah dan sopan santun terhadap guru, rendah hati, berakhlak yang baik ketika belajar, sifat taat dan patuh terhadap guru, serta tawakkal. Oleh karena itu, peserta didik tidak mengalami kesulitan dalam menuntut ilmu, dan berkah serta bermanfaat ilmu yang diperolehnya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adab, Menuntut Ilmu, Kitab Washoya Al-Aba’ Lil Abna, Pendidikan Akisdah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyyah
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Sep 2021 08:10
Last Modified: 14 Sep 2021 08:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5137

Actions (login required)

View Item View Item