Implementasi Pembinaan Karakter Religius di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021

Ain, Khurun (2021) Implementasi Pembinaan Karakter Religius di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (78kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (93kB)
[img] Text
05 BAB II OKE.pdf

Download (411kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (105kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (230kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Karakter adalah kebiasaan atau sikap yang mendalam dalam jiwa yang menimbulkan perbuatan-perbuatan dengan mudah dan gampang sehingga tidak lagi membutuhkan pemikiran ataupun pertimbangan. Karakter religius adalah sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk lain. karakter seseorang terbentuk karena kebiasaan yang dilakukan, sikap yang diambil dalam menghadapi keadaan, dan kata-kata yang diucapkan kepada orang lain. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pembinaan karakter religius di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pembinaan Karakter Religius di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reseach) dengan subjek penelitian ini adalah Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan peserta didik Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode yang selama pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data collection, data reduction,data display dan conclusion drawing/vervication. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pembinaan Karakter Religius di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021adalah Memberi suri tauladan yang baik, Memperingati Hari Besar Islam (PHBI), Diadakannya Kegiatan Ekstrakulikuler, Penataan lingkungan Bernuansa Religi dan Berdoa Sebelum dan Sesudah Melakukan Aktifitas. 2) Faktor Pendukung Pembinaan Karakter Religius di Bustanul Athfal (BA) Aisyiyah Sowan Kidul Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021 adalah Semangat siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan dan Interaksi antar personil sekolah dalam membiasakan budaya 5-S (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun). Sedangkan faktor penghambat terdapat tiga faktor, antara lain yaitu: Sarana dan prasarana yang belum memadai, seperti belum adanya mushola/masjid, Kurangnya pengawasan guru ketika anak melakukan pendidikan karakter religius dan faktor lingkungan yang buruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:44
Last Modified: 16 Sep 2021 02:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5163

Actions (login required)

View Item View Item