Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas 1 Mi Miftahul Falah Mindahan Batealit Jepara Tahun 2019

Lailiyah, Ainun Nadlirotul (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Siswa Kelas 1 Mi Miftahul Falah Mindahan Batealit Jepara Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (345kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (550kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (407kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (404kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan model Picture and Picture terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MI Miftahul Falah sehingga manfaatnya bagi guru dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan penerapan model pembelajaran Picture and Picture yang dipakai serta memberi masukan dan solusi kepada lembaga terkait dan khususnya para Guru dalam menerapkan model pembelajaran dan menerapkan kreativitas khususnya penggunaan model dalam proses pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar mata pelajaran Fikih. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Peneliti memperoleh data dari hasil Pre test dan Post test yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pretest merupakan tes kemampuan yang diberikan kepada siswa sebelum diberi perlakuan, sedangkan posttest dilakukan setelah siswa mendapatkan perlakuan. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 di MI Miftahul Falah Mindahan Batealit Jepara yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah 63 siswa, Sampel dalam penelitian ini ditunjuk kelas IB sebagai kelas eksperimen dan kelas IA sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian didapatkan rata-rata prestasi belajar dari kedua kelas tersebut setelah diberikan perlakuan yang berbeda dilakukan analisis uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan uji-t. Hasil tes akhir ( posttest ) yang telah dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dengan menggunakan model Picture and Picture adalah 10,50 sedangkan rata-rata prestasi belajar kelompok kelas kontrol dengan menggunakan model Ceramah adalah 5,20. Untuk varians homogeny  = 5 % dengan dk = n1 + n2 – 2 diperoleh ttabel = 2,262. Berdasarkan analisis uji perbedaan rata-rata dari kedua kelas tersebut diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini ditunjukkan dari nilai thitung = 8,238. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel = 2,262. Karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya rata-rata prestasi belajar kelompok eksperimen dengan menggunakan model Picture and Picture lebih baik atau tidak sama dengan kelompok eksperimen dengan menggunakan model Ceramah. Dan dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa melalui model Picture and Picture dan melalui model pembelajaran Ceramah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Sep 2021 02:29
Last Modified: 17 Sep 2021 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item