Nikmah, Siti Nur Lailatun (2021) Efektivitas Terapi Murottal Al-Qur’an Terhadap Kemampuan Mengontrol Emosi Anak Autis (Studi Kasus Pada Anak Autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (229kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (200kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (273kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (662kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (209kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (533kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (189kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakangan pada kondisi anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah yang mengalami gangguan dalam perkembangan kondisi dibidang kognitif, bahasa, komunikasi, sosial, perilaku dan emosi. Gangguan emosi inilah yang dapat menyebabkan anak melakukan penyimpangan perilaku yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Sehingga perlu adanya dalam mengontrol emosi anak autis supaya anak dapat meningkatkan perkembangan emosi yang positif agar dapat hidup lebih sejahtera dan selalu optimis serta dapat mengubah cara berfikir, dan mampu mengubah kondisi lingkungan sosial supaya lebih baik. Dan dalam pengembangan mengontrol emosi anak autis dapat dengan menggunakan metode al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui efektivitas terapi murottal al-Qur’an terhadap kemampuan mengontrol emosi anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah Pedawang Bae Kudus. Dan penelitian ini peneliti menggunakan jenis kualitatif field research dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis, yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dalam mengumpulkan data informasi yang diperoleh dari Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah. Dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan metode triangulasi dan bahan refrensi. Pada proses analisis data menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, verifikaasi data dan model teks naratif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan murottal al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah memberikan manfaat dalam diri anak yang dapat memberikan rasa tenang dan nyaman karena anak dalam pelaksanaan murottal al-Qur’an dalam kondisi diam dan tenang. Setelah anak melakukan kegiatan mendengarkan murottal al-Qur’an secara terus menerus anak dapat meningkatkan kosentrasinya dan anak dapat mengikuti instruksi arahan dari gurunya, yang ditandai anak mampu melafadkan ayat al-Qur’an dengan baik. Hal ini telah menunjukkan bahwa mendengarkan bacaan murottal al-Qur’an dapat memberikan rasa nyaman dalam hati anak. Maka dalam hal ini murottal al-Qur’an memberikan manfaat efek tersendiri dalam diri anak, akan tetapi secara kondisionalnya dalam mengontrol emosi anak masih memerlukan bantuan guru untuk mengingatkan dan mengarahkan dalam meluapkan emosi sebab anak autis di Pondok Pesantren Al-Achsaniyyah belum sepenuhnya mampu mengontrol emosinya secara mandiri
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Terapi Murottal Al-Qur’an, Mengontrol Emosi, Anak Autis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 02:32 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 02:32 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5207 |
Actions (login required)
View Item |