Implementasi Pembelajaran Kitab Ngudi Susilo Dalam Meningkatkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang

Nisa’, Khoirun (2019) Implementasi Pembelajaran Kitab Ngudi Susilo Dalam Meningkatkan Akhlak Santri di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER -kata pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 abstrak.pdf

Download (194kB)
[img] Text
3 dafatar isi.pdf

Download (686kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5 BAB ll.pdf

Download (3MB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (9MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (529kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (529kB)

Abstract

Sekripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab ngudi susilo di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang. (2) Untuk mengetahui akhlak santri di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang. (3) Untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab Ngudi Susilo dalam meningkatkan akhlak santri di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang. Penelitan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) dan lapangan (field research). Dikatakan penelitian kepustakaan (library research) karena penelitian ini sumber datanya dikumpulkan dari bahan-bahan pustaka, bisa berupa buku, sura kabar, dokumen-dolumen lain yang berkaitan dengan obyek atau sasaran penelitian. Sedangkan dikatakan penelitian lapangan (Field research) yaitu penelitian yang datanya bersumber dari lapangan atau tempat terjadiya gejala. Teknik pengumpulan data pada penelitian kepustakaan peneliti menggunakan teknik membaca secara simantik dan simbolik,sedangkan untuk penelitian lapangan menggunakan observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokasi penelitian di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kitab Ngudi Susilo bertujuan untuk memberikan pedoman dan pemahaman kepada santri tentang akhlak mulia, hal ini dibuktikan dengan adanya santri yang merasa bahwa dirinya semakin memahami bagaimana cara bersikap dengan orang tua, guru, bagaimana cara membagi waktu, dll. (2) Kualitas akhlak santri di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang menurut peneliti dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya prilaku santri yang lebih mengutamakan tamu, lebih menghormati tamu, memerikan arahan kepada tamu, ndepe-ndepe atau andap ansor dengan pengurus, berbahsa krama dengan pengurus, dll. (3) pembelajaran kitab Nngudi Susilo dalam meningkatan akhlak santri menurut peneliti dikategorikan kurang memberi efek dalam meningkatkan akhlak santri di pondok pesantren Raudlatut Thalibin Rembang. Dalam meningkatkan akhlak lingkungan pondok pesantren memberikan peran yang cukup penting, karena dengan beradaptasi di lingkungan pondok pesantren akan memberikan pembekalan kepada santri bagaimana cara menerapkan akhlak mulia

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaan Kitab Ngudi Susilo dan Akhlak Santri
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:13
Last Modified: 20 Sep 2021 03:13
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5219

Actions (login required)

View Item View Item