Umami, Fikriyatul (2017) ANALISIS PELAKSANAAN MANAJEMEN KURIKULUM, TENAGA KEPENDIDIKAN, KESISWAAN DAN SARANA PRASARANA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI MA MATHOLI’UL FALAH JALI BONANG DEMAK). Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah peneliti berusaha memperbaiki kualitas pendidikan agama Islam dengan adanya pelaksanaan manajemen kurikulum, tenaga kependidikan, kesiswaan dan sarana prasarana. Dan alasan peneliti memilih MA Matholi’ul Falah merupakan madrasah yang unggul di Kecamatan Bonang Kabupaten Demak. Tujuan dalam penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan manajemen kurikulum, Tenaga Kependidikan, kesiswaan dan sarana prasarana dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di MA Matholi’ul Falah Jali Bonang Demak, untuk mengetahui upaya strategi apa yang dilakukan dalam menghasilkan kualitas pendidikan agama Islam di MA Matholi’ul Falah Jali Bonang Demak. Dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan Manajemen Kurikulum, Tenaga Kependidikan, Kesiswaan dan Sarana Prasarana di MA Matholi’ul Falah Jali Bonang Demak. Adapun jenis penelitian ini termasuk Field Reasearch dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan data dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, bahan refrensi dan member check. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil dari penelitian yaitu (1) Pelaksanaan Manajemen Kurikulum, Tenaga Kependidikan, Kesiswaan dan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam di MA Matholi’ul Falah Jali Bonang Demak sudah berjalan dengan sangat baik, madrasah mampu mengatur otonominya sendiri sehingga sekolah bisa mandiri sesuai kemampuannya tanpa mengurangi isi dari kurikulum 2013, mulai dari bidang administrasi, perangkat pembelajaran, struktur kurikulum dengan pembagian alokasi waktu, mengajar, dll yang semua itu diatur oleh sekolah dengan mengedepankan visi dan misi sekolah. Strategi dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam yaitu dengan adanya acara keagamaan rutin serta ekstra kurikuler keagamaan. Serta meningkatkan kemampuan tenaga pendidik, (2) faktor-faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam pelaksanaan Manajemen Kurikulum, Tenaga Kependidikan, Kesiswaan dan Sarana Prasarana di MA Matholi’ul Falah Jali Bonang Demak adalah madrasah melakukan kerjasama dengan semua pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di madrasah. Serta melaksanakan kegiatan rutinitas setiap harinya dan kegiatan ekstra kurikuler yang ada di madrasah. Faktor penghambat adalah dari pihak peserta didik yang jumlahnya banyak dengan berbagai karakter, juga sarana dan prasarana yang kurang memadai dengan jumlah terbatas yang ada di MA Matholi’ul Falah Jali Bonang Demak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Kurikulum; Tenaga Kependidikan; Kesiswaan; Sarana Prasana; Kualitas Pendidikan Agma Islam |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Gedung dan Bangunan Sekolah 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 03:51 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 03:51 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/522 |
Actions (login required)
View Item |