Afifah, Imroatul (2019) Pengaruh Pendidikan Moral Terhadap Kecerdasan Interpersonal Peserta didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Natijatul Islam Jaken Pati Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (846kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (449kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (283kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (478kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (408kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (664kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (368kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) seberapa baik kecerdasan interpersonal siswa di MTs Natijatul Islam Jaken Pati Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana pengaruh pendidikan moral terhadap kecerdasan interpersonal siswa pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Natijatul Islam Jaken Pati Tahun Pelajaran 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan jenis field research dan pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, dan teknik angket sebagai hasil penelitian. Angket disebarkan pada reponden sebanyak 51 peserta didik dan sebagian guru. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis pendahuluan, uji hipotesis, dan analisis lanjut. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs Natijatul Islam Jaken Pati yang terfokus pada peserta didik kelas VIII dan sebagian guru. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa 1) kecerdasan interpersonal peserta didik dapat terus berkembang seiring bertambah dewasanya seorang peserta didik, maka dia akan cenderung memiliki kecerdasan interpersonal yang kuat dan mampu beradaptasi dan berinteraksi dengan orang lain baik dilingkungan sekolah maupun dilingkungan masyarakat. Dari hasil penelitian, kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Natijatul Islam Jaken Pati menunjukkan hasil yang baik dengan kategori “sangat tinggi” dengan rata-rata (mean) 70,47 yang berada dalam interval (65-80), 2) analisis data pengaruh pendidikan moral terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik dalam penelitian ini membuktikan bahwa rxy = 0,791 dimana (ro > rt) artinya rxy lebih besar dari rt pada taraf kesalahan 5% (rt = 0,276 sedangkan ro = 0,791) maka keduanya signifikan. Dan pada uji t diperoleh hasil 6,999 > 1677 artinya t hitung lebih besar dari pada t tabel, maka Ha diterima atau Ho ditolak, sedangkan pada uji F diperoleh hasil 82,101 > 4,030 dengan itu maka Ha diterima atau Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendidikan moral berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik pada mata pelajaran akidah akhlak di MTs Natijatul Islam Jaken Pati. Dari hasil perhitungan diperoleh, besarnya koefisien determinasi (R) sebesar 62,6%. Hal ini berarti pengaruh pendidikan moral terhadap kecerdasan interpersonal peserta didik adalah sebesar 62,6% sedangkan sisanya 100% - 62,6% = 37,4% merupakan variabel lain yang belum diteliti peneliti
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Moral, Kecerdasan Interpersonal, dan Mata Pelajaran Akidah Akhlak |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 390 Adat Istiadat > Etiket, Sopan Santun |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Sep 2021 04:17 |
Last Modified: | 20 Sep 2021 04:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5226 |
Actions (login required)
View Item |