A’yun, Rosicha (2019) Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Melalui Model Pembelajaran Complete Sentence di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an An Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 COVER- KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 abstrak.pdf Download (348kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (608kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (491kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (739kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (405kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (765kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (489kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (518kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an, 2) Penerapan model pembelajaran complete sentence dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an, 3) Faktor pendukung dan penghambat Penerapan model pembelajaran complete sentence dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an dan 4) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren tahfidzul Qur’an An Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang disajikan secara deskriptif kualitatif., yaitu peneliti menggambarkan obyek penelitian yang diperoleh secara kualitatif (mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata yaitu lisan maupun tulisan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Terdapat perbedaan motivasi santri dalam menghafal Al-Qur’an di pondok pesantren tahfidzul Qur’an An Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus anatara lain: pengaruh lingkungan yang agamis, cita-cita sendiri, disuruh orang tua, cita-cita dalam diri sejak kecil dan ingin membahagiakan orang tua, 2) Penerapan model pembelajaran complete sentence dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an dikategorikan cukup bagus, 3) Faktor pendukung penerapan model pembelajaran complete sentence dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an: kesiapan santri dalam mengikuti kegiatan, sikap tegas seorang guru selama pembelajaran, minat dan semangat santri, dan dukungan langsung dari pengasuh. Sedangkan faktor penghambatanya yaitu: persiapan santri yang kurang matang dalam mengikuti kegiatan, sarana dan prasarana yang tersedia kurang memadai, adanya rasa kurang percaya diri dari santri dalam menjawab pertanyaan, santri kurang menguasai ayat yang telah dihafalkan atau disetorkan, 4) Upaya guru dalam meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an santri melalui model pembelajaran complete sentence di pondok pesantren tahfidzul Qur’an An Nasuchiyyah Ngembalrejo Bae Kudus dikategorikan berhasil atau sesuai dengan yang diharapkan. Hal tersebut dibuktikan dengan santri-santri yang mampu melengkapi ayat dengan benar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Guru, Motivasi Menghafal Al-Qur’an, Model Pembelajaran Complete Sentence |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 02:21 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 02:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5235 |
Actions (login required)
View Item |