Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Rachman Kajan Krandon Kudus

Hidayatullah, Muchammad (2021) Implementasi Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kefasihan Membaca Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Darul Rachman Kajan Krandon Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (496kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (275kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (942kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (370kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rachman Kajan Krandon Kudus dan apa saja faktor pendukung, faktor penghambat, dan solusi dalam implementasi metode Yanbu’a dalam meningkatkan kefasihan membaca Al-Qur’an di Pondok Pesantren Darul Rochman Kajan Krandon Kudus Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan Perpanjangan pengamatan, Meningkatkan ketekunan, Triangulasi, Menggunakan bahan referensi, Mengadakan Member Check. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Reduksi data, Penyajian Data dan Vertifikasi Data. Hasil dari penelitian ini adalah: pertama, Menciptakan sistem pembelajaran pondok assalafi namun adaptif terhadap perubahan zaman. Membentuk pribadi santri yang cerdas kreatif dan inovatif serta berakhlaqul karimah. Sejalan dengan hal tersebut maka pondok pesantren menerapkan metode yanbu’a sebagai strategi yang digunakan dalam membantu santri menghadapi kendala dalam kurang fasihnya mereka ketika membaca Al-Qur’an yang nantinya diharapkan akan mempermudah para santri dalam memahami serta menerapkanya dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an di pondok pesantren tersebut, dalam prakteknya penerapan metode yanbu’a dilaksanakan dalam beberapa tahapan yaitu dimulai dengan membaca surat al fatihah dan surat-surat pendek, dilakukan dengan metode sorogan, dilakukan pengulangan dalam melafadzkan bacaan Al-Qur’an, memberikan perlakuan khusus terhadap santri yang kurang fasih bacaannya. Kedua, faktor pendukung dari penelitian ini diantaranya adanya dukungan dari pihak pondok pesantren dalam menerapkan metode yanbu’a Adapun dukungan tersebut berupa kebebasan terhadap para ustadz dalam mengelola dan menerapkan program yang sudah direncanakan agar terlaksana pembelajaran Al-Qur’an yang mudah dipahami dan bisa menunjang para santri untuk lebih mengasah lebih dalam lagi bacaan Al-Qur’an mereka Selain itu ada juga faktor Keinginan serta motivasi santri untuk bisa dan menguasai bacaan Al-Qur’an secara baik dan benar membuat mereka dalam mempelajari metode yanbu’a tersebut bertambah kuat. juga didukung dengan lingkungan yang menunjang terlaksananya penerapan metode yanbu’a di pondok pesantren darul rachman sehingga santri dalam mempelajari metode yanbu’a menjadi lebih bersemangat. Sedangkan faktor penghambat diantaranya yaitu dari pihak pesantren ketika menerima santri baru tidak ada seleksi atau tes baca Al-Qur’an untuk menjadi tolak ukur apakah santri baru itu layak masuk atau bisa diterima atau tidak di pondok tersebut, selain itu kurangnya kegiatan tadarus rutin yang bertujuan sebagai sarana santri dalam mendalami dan memperlancar bacaan Al-Qur’an karena terbatasnya waktu dengan kegiatan pondok yang lain seperti jadwal mengaji kitab Terdapat pula faktor dari pribadi santri yang belajar Al-Qur’an tanpa diawasi oleh ustad atau guru yang kompeten sehingga terbawa ketika santri itu mondok di pesantren logat kedaerahannya belum bisa hilang serta masih terdapat santri yang kurang memiliki kesadaran bahwa untuk bisa membaca Al-Qur’an merupakan kewajiban bagi seorang muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Yanbu’a, Membaca alqur’an, Kefasihan
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Sep 2021 04:17
Last Modified: 21 Sep 2021 04:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5245

Actions (login required)

View Item View Item