Studi Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru dengan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMK NU Ma’arif 2 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Winarti, Ayu (2019) Studi Korelasi Kompetensi Kepribadian Guru dengan Akhlak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X di SMK NU Ma’arif 2 Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (630kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (620kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (984kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (685kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (639kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru Kelas X SMK NU Ma’arif 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, (2) untuk mengetahui akhlak siswa Kelas X SMK NU Ma’arif 2 Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, (3) untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kompetensi kepribadian guru dengan akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMK NU Ma’arif 2 Kudus tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (Field Research) yaitu dimana peneliti langsung terjun ke lapangan untuk memperoleh data yang benar-benar dapat dipercaya sebagai bahan kajian. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara angket dan dokumentasi. Peneliti melakukan studi lapangan di SMK NU Ma’arif 2 Kudus pada kelas X. Adapun populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan TKR yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 175 siswa. Kemudian diambil sampel sebesar 57 peserta didik dengan menggunakan teknik sampling purposive, yaitu dengan pertimbangan kelas yang diampu oleh Ibu Rikya Fariyya S. Ag yaitu kelas X TKR 1 sebanyak 27 peserta didik dan kelas X TKR 2 sebanyak 30 peserta didik Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kompetensi kepribadian guru di SMK NU Ma’arif 2 Kudus adalah sangat baik hal ini dibuktikan dengan hasil data angket dengan rata-rata sebesar 70 yang berada dalam interval 65-80 dengan kategori “sangat baik”. 2) akhlak siswa kelas X di SMK NU Ma’arif 2 Kudus baik hal ini dibuktikan dengan hasil data angket dengan rata-rata sebesar 92 yang berada dalam interval 76-97 dengan kategori “baik” artinya siswa itu mempunyai akhak yang baik 3) Hubungan kompetensi kepribadian guru dengan akhlak siswa kelas pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti kelas X di SMK NU Ma’arif 2 Kudus adalah positif dan signifikan hal ini terbukti dengan hasil analisis data statistik product moment sebesar 0,541 jika hasil tersebut dikonsultasikan dengan nilai df 55, “r” tabel pada taraf signifikan 5% sebesar 0,260, sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai rxy lebih besar pada rtabel pada taraf signifikan 5%. Dan diinterprestasikan dengan tabel nilai rxy termasuk kasifikasi sedang. Dan tedapat kontribusi sebesar 29,3% dari kompetensi kepribadian guru dengan akhlak siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru, Akhlak Siswa
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:35
Last Modified: 22 Sep 2021 01:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5248

Actions (login required)

View Item View Item