Metode Bimbingan Konseling Islam Pengembangan Harga Diri (Self Esteem) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di PKBM, Demaan, Kudus)

Aziz, Rochmatul (2021) Metode Bimbingan Konseling Islam Pengembangan Harga Diri (Self Esteem) Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di PKBM, Demaan, Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (149kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (505kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (231kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (262kB)

Abstract

Kesulitan atau pun permasalahan dalam hidup manusia datang silih berganti, bahkan tidak hanya pada orang dewasa atau pun remaja saja, namun permasalahan dalam hidup juga terjadi pada anak-anak, walaupun tanpa disadari. Salah satunya adalah rendahnya motivasi dan berbagai permasalahan sosial lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Memaparkan dan memberikan gambaran tentang pelaksanaan metode bimbingan dan konseling Islam pengembangan harga diri (self esteem) di PKBM di daerah Ledok, Demaan, Kudus. 2. Mengetahui dan Memahami metode bimbingan konsling pengembangan harga diri untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Ledok, Demaan, Kudus. 3. Mengetahui dan Memahami faktor penghambat serta pendukung bimbingan dan konseling Islam pengembangan harga diri untuk meningkatkan motivasi belajar di PKBM peserta didik di daerah Ledok, Demaan, Kudus. Rumusan masalah peneletian ini yaitu: 1. Bagaimana pelaksanaan metode bimbingan dan konseling Islam pengembangan harga diri (self esteem) di PKBM di daerah Ledok, Demaan, Kudus, 2. Bagaimana metode bimbingan konsling pengembangan harga diri untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik di Ledok, Demaan, Kudus 3. Apa saja faktor penghambat serta pendukung bimbingan dan konseling Islam pengembangan harga diri untuk meningkatkan motivasi belajar di PKBM peserta didik di daerah Ledok, Demaan, Kudus. Menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang merupakan penelitian dengan pendekatan Kualitatif. Penelitian dengan pendekatan kualitatif artinya penelitian yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan perbuatan-perbuatan manusia. Dimana hasil pelaksanaannya, Pengajar melaksanakan pembelajaran dengan beberapa metode, seperti Face to face dengan satu pengejar dan satu siswa, kadang juga menggunakan metode cerita mampu dan efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik di PKBM,Hal ini terbukti dari mulai adanya peningkatan serta perubahan sikap oleh peserta didik di PKBM Pengayoman demaan Kaligelis. Perubahan dapat dilihat dari, kesopanan yang tercermin dari gaya busana, serta adanya penhormatan kepada yang lebih tua. Selain itu lebih sopan juga dalam berbicara. Sedangkan faktor pendukung pelaksanaan BKI di PKBM yaitu semangat mengajar dari pendidik dan juga anak-anak serta kondisi yang mendukung, namun kenakalan peserta didik juga tingkat emosi dan juga kurangnya fasilitas di lingkungan belajar, juga merupakan faktor penghambat pelaksanaan metode BKI pengembangan harga diri (self esteem).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode BKI, Self Esteem, PKBM
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Sep 2021 03:16
Last Modified: 23 Sep 2021 03:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item View Item