STUDI ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TAHFIDHUL QUR’AN DI PONDOK TAHFIDH PUTRI ANAK-ANAK YANAABII’UL QUR’AN KARANGMALANG GEBOG KUDUS

Ulfah Muzakki, Maria (2017) STUDI ANALISIS METODE PEMBELAJARAN TAHFIDHUL QUR’AN DI PONDOK TAHFIDH PUTRI ANAK-ANAK YANAABII’UL QUR’AN KARANGMALANG GEBOG KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menghafal al-Qur’an merupakan suatu usaha untuk memelihara atau menjaga al-Qur’an dengan melalui proses meresapkan lafadz-lafadz al-Qur’an ke dalam pikiran sehingga selalu teringat dan dapat mengucapkan kembali tanpa melihat mushaf. Pondok Tahfidh Putri Anak-Anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus adalah salah satu pondok pesantren yang mempunyai tujuan untuk mencetak para santri hafal al-Qur’an hingga 30 juz dengan menggunakan metode pembelajaran menghafal al-Qur’an yang sesuai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran tahfidhul qur’an di pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus, (2) Apa sajakah faktor pendukung dan penghambat dari metode pembelajaran tahfidhul qur’an di pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus, serta (3) Bagaimana solusi yang dilakukan oleh ustadzah dalam menghadapi penghambat dari metode pembelajaran tahfidhul qur’an di pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Disini peneliti mengambil lokasi di pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan, yang berguna untuk lebih fokus pada metode pembelajaran pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an Karangmalang Gebog Kudus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode pembelajaran tahfidhul Qur’an yang digunakan di pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an adalah metode pembelajaran bin nazhar, takrir, sema’an, talaqqi, muroja’ah, (2) faktor pendukung dari metode pembelajaran tahfidhul Qur’an yang digunakan di pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an, meliputi: memberi dorongan kepada santri agar mempunyai kemauan yang kuat dan kesabaran, adanya motivasi dari ustadzah, murobbi, orang tua, dan teman serta memiliki niat yang kuat dalam menghafal al-Qur’an dan agar cepat selesai menghafalnya sampai 30 juz. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi: santri malas dalam mengaji, santri mengantuk, bermain, bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung, (3) Solusi yang dilakukan ustadzah dalam menghadapi penghambat dari metode pembelajaran tahfidhul Qur’an yang digunakan di pondok tahfidh putri anak-anak Yanaabii’ul Qur’an adalah ustadzah bekerja sama dengan orang tua memberikan motivasi kepada santri, memberi nasihat, memberi hadiah, agar santri tidak merasa putus asa atau bosan dalam mengikuti proses pembelajaran menghafal al-Qur’an dan agar cepat selesai hingga 30 juz. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Tahfidhul Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 04:18
Last Modified: 11 Feb 2017 04:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/530

Actions (login required)

View Item View Item