Ganang, Suryanto (2021) Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Film Titian Serambut Dibelah Tujuh Karya Chaerul Umam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (199kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (126kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (279kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (610kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (213kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (201kB) |
|
Text
9. DAPUS.pdf Download (275kB) |
Abstract
Pendidikan sangat dibutuhkan di zaman sekarang, utamanya adalah pendidikan keagamaan. Pendidikan keagamaan harus mulai intensif diberikan kepada anak-anak usia remaja khususnya pada jenjang sekolah menengah pertama (SMP) untuk membentengi dirinya dari dampak negatip globalisasi. Pada usia ini pembelajaran yang efektif memang di dapat dari apa yang mereka lihat seperti praktek sendiri ataupun melihat video/ film. Salah satu film yang tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga edukasi tentang pendidikan agama islam adalah film Ttitian Searambut Dibelah Tujuh. Rumusan dalam penelitian ini yaitu (1) Analisis nilai-nilai pendidikan agama islam dalam film Tititan Serambut Dibelah Tujuh karya Chaerul Umam. (2) relevansi analisis nilai-nilai pendidikanagama islam dalam film Titian Serambut Dibelah Tujuh terhadap materi pendidikan agama islam di SMP. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (Library Risearch). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjeck penelitian ini adalah film Titian Serambut Dibelah Tujuh karya Chaerul Umam. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi dan kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Nilai-nilai pendidikan agama islam yang terdapat di dalam film titian serambut dibelah tujuh ini meliuti nilai aqidah, ibadah dan akhlak. Nilai aqidah di antaranya adalah (a) Iman kepada Allah swt dan (b) iman kepada qada dan qadar. Nilai ibadah di antaranya adalah (a) Berdo’a, (b) Sholat Berjamaah, (c) Menuntut ilmu (Tholanul Ilmi), dan (d) Mengurus Jenazah. Sedangkan Nilai Akhlak di antaranya adalah (a) Menjalin Ukhuwah Islamiah, (b) Syukur, (c) Empati, (d) Taawun, (e) Sabar, (f) Jujur, (g) Tabayyun, (h) Ikhtiar, (i) Tawakkal, (j) Optimis, (k) Amar Ma’ruf Nahi Munkar, dan ( l) Muhasabah. (2) terdapat relevansi antara nilai-nilai pendidikan agama islam dalam film titian serambut dibelah tujuh tdengan materi pendidikan agama islam di Sekolah Menengah Pertama di antaranya adalah materi pendidikan aqidah yaitu (a) Beriman kepada Allah Swt. dan menerapkan perilaku yang meneladani al asma’ al husna. (b) Beriman kepada qada dan qadar yang berbuah ketenangan hati. Materi pendidikan ibadah yaitu (a) Indahnya sholat berjamaah sebagai manifestasi dari rukun islam. (b) Semangat menuntut ilmu. dengan ilmu pengetahuan semua menjadi lebih mudah. Materi pendidikan akhlak yaitu (a) Berempati itu mudah dan menghormati itu indah dengan menerapkan perilaku terpuji sebagai implementasi dari Q.S Al Baqarah ayat 83 dan An-Nisa ayat 8. (b) Hidup menjadi lebih damai dengan sikap ikhlas, sabar dan pemaaf. (c) Mengasah pribadi unggul dengan sikap jujur, santun, dan malu. (d) Meraih kesuksesan dengan optimis, ikhtiar dan tawakkal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Agama Islam, Film Titian Serambut Dibelah Tujuh, Nilai aqidah, ibadah dan akhlak. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 03:29 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 03:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5318 |
Actions (login required)
View Item |