Arifin, Maufiq (2017) IMPLEMENTASI MODEL SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY & SOCIETY DALAM MENEINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTS MANBA’UL ULUM GEBOG KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. DAFTAR ISI.pdf Download (9MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (3MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (3MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui penerapan model Science Environment Technology & Society peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs. Manba’ul Ulum (2) Untuk mengetahui kendala - kendala penerapan model Science Environment Technology & Society peserta didik dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs. Manba’ul Ulum (3) Untuk mengetahui solusi menghadapi kendala-kendala penerapan model science Environment Technology & Society peserta didik dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII MTs. Manba’ul Ulum Gebog Kudus. Penelitian ini merupakan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai jenis penelitian, maka penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Disini peneliti mengambil lokasi di MTs.Manba’ul Ulum Gebog Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang di dapatkan diantaranya yaitu: (1) Penerapan model SETS pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Manba’ul Ulum Gebog Kudus adalah dengan cara beberapa langkah tahapan yaitu: Tahap invitasi bertujuan untuk mengundang perhatian siswa, tahap pembentukan konsep yaitu dengan melakukan diskusi, tahap aplikasi konsep berarti bisa mengaplikasikan kehidupan di masyarakat, tahap pemantapan konsep yaitu tahap menyampaikan materi oleh guru dan terakhir adalah tahap penilaian yaitu mengukur dan menilai sejauh mana tujuan pembelajaran telah tercapai. (2) Kendala – kendala model SETS dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Manba’ul Ulum Gebog Kudus dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. (3) Solusi menghadapi kendala – kendala model SETS dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal siswa pada mata pelajaran SKI kelas VIII di MTs Manba’ul Ulum Gebog Kudus diantaranya adalah: (a) Pembelajaran dengan mengunakan media pembelajaran menonton film tentang Bani Abbasiyah. (b) Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari artikel – artikel atau bacaan tentang materi kisah Daulah Bani Abbasiyyah. (c) Mengajak Siswa belajar diluar kelas untuk mengamati kondisi sosial masyarakat yang ada disekitar untuk dibandingkan dengan Masyarakat Bani abbasiyyah. (d) Mengunakan metode active learning. Kata Kunci : Model Science Environment Technology & Society (SETS), Kecerdasan Interpersonal, Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 04:27 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 04:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/533 |
Actions (login required)
View Item |