Analisis Buku Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Menggunakan Soal Objektif Tes Pilihan Ganda (Multiple Choicetest) pada Mata Pelajaran Matematika Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid 19

Septiyani, Elfrida (2021) Analisis Buku Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan Menggunakan Soal Objektif Tes Pilihan Ganda (Multiple Choicetest) pada Mata Pelajaran Matematika Pendidikan Dasar pada Masa Pandemi Covid 19. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (587kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (679kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (512kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (821kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (270kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi mendalam tentang penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), mengetahui urgensi penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan menggunakan soal objektif tes pilihan ganda (multiple choice test) pada mata pelajaran matematika, serta mengetahui solusi penilaian berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada masa pandemi covid 19. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan deskriptif analitis (descriptive of analyze research). Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan data sekunder. Adapun teknik pengumpulan data dengan cara pengumpulan dokumen, membaca data yang diperoleh, dan mencatat dalam kartu data. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode analisis dokumen atau analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, penilaian higher order thinking skills (HOTS) adalah penilaian yang merujuk pada tiga tingkatan level kognitif atau pengetahuan dari taksonomi Bloom yang direvisi oleh Anderson & Krathwohl yaitu menganalisis (C-4), mengevaluasi (C-5), dan mencipta (C-6). Kedua, urgensi penilaian higher order thinking skills (HOTS) dengan menggunakan soal objektif multiple choice test pada pembelajaran matematika adalah keterampilan berpikir tinggi bagi siswa sangat urgen dengan perkembangan dunia digital yang berpotensi membuat ketergantungan, kematangan semu siswa, dan tantangan globalisasi yang perlu dijawab dengan Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam dunia pendidikan dengan menggunakan soal pilihan ganda berbasis HOTS pada mata pelajaran matematika juga penting untuk menstimulus keterampilan berpikir peserta didik sebagai sumber bekal menghadapi permasalahan yang terjadi di kehidupan nyata dan kemampuan tersebut dibutuhkan bagi generasi muda guna menghadapi era Industri 4.0 dimana manusia dituntut untuk mudah beradaptasi sehingga kemampuan HOTS ini sangat mendukung., dan ketiga, solusi penilaianAberbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada masa pandemi covid 19 adalah selama masa pandemi covid 19 penilaian dilakukan melalui aplikasi whatsapp dengan cara guru memberikan tugas berupa soal pilihan ganda berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang ada di Lembar Kerja Siswa (LKS) disetiap akhir pembelajaran yang disampaikan kepada kontak grup wali murid melalui aplikasi whatsapp.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), Pilihan Ganda (Multiple Choice Test), Matematika, Pandemi Covid 19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Oct 2021 07:05
Last Modified: 11 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5349

Actions (login required)

View Item View Item