Pelaksanaan Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Kudus

Kusumaningtiyas, Annisa (2021) Pelaksanaan Dalam Jaringan (Daring) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (426kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (290kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (836kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (131kB)
[img] Text
9. DAPUS.pdf

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pandemi covid-19 di indonesia mengakibatkan pembelajaran secara tatap muka diberhentikan, dan di ganti dengan pembelajaran secara daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan siswa melalui jaringan internet. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kudus. (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 Kudus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Peneliti memilih lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Kudus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Objek keabsahan datanya dengan cara triangulasi yaitu triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring di SMK Negeri 1 Kudus memanfaatkan media platfom atau aplikasi Microsoft office teams 365 danWhatsApp. Pelaksanaan pembelajaran daring melalui tiga tahap, yaitu: persiapan sebelum pelaksanaan pembelajaran daring, pelaksanaan, dan evaluasi. Selain itu terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran daring terbagi menjadi dua, yaitu faktor pendukung dalam pembelajaran daring dan faktor penghambat dalam pembelajaran daring. Untuk faktor pendukung dalam pembelajaran daring terdapat tiga, yaitu: adanya kerjasama dengan tiga pihak, yaitu orang tua, guru, dan sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya dalam pembelajaran daring yaitu: adanya keterbatasan sarana dan prasarana, jaringan internet dan biaya yang sangat penting demi tercapainya pelaksanaan pembelajaran daring dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring), Pendidikan Agama Islam, Faktor Pembelajaran Daring
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Oct 2021 03:34
Last Modified: 12 Oct 2021 03:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5382

Actions (login required)

View Item View Item