Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Dalam Liveworksheets Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK

Syarifa, Sabila Nurus (2021) Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video Dalam Liveworksheets Terhadap Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER_KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (497kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (485kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (888kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (500kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran matematika. Adapun tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) bagaimana penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan video dalam liveworksheets terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa? 2) bagaimana keefektifan model pembelajaran problem based learning berbantuan video dalam liveworksheets terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian true experimental. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling sehingga diperoleh X TKR 2 sebagai kelas eksperimen dan X TKR 3 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan di SMK Wisudha Karya Kudus. Adapun teknik pengambilan data menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji t dan N gain. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: pertama, penerapan model problem based learning berbantuan video dalam liveworksheets berpengaruh pada peningkatan skor nilai siswa dan setiap indikator pemecahan masalah matematis. Rata-rata skor pretest kelas eksperimen dengan sebesar 28,8 dan skor posttest sebesar 72,97. Sementara rata-rata skor pretest kelas kontrol dengan model kooperatif sebesar 22,15 dan skor posttest sebesar 59,36. Kedua, berdasarkan analisis uji t dengan menggunakan posttest kedua kelas diperoleh sehingga Ha diterima. Selain itu, berdasarkan uji N gain terlihat adanya peningkatan rata-rata nilai peserta didik pada saat pretest dan posttest yaitu sebesar 63%. Maka dapat disimpulkan model problem based learning efektif dan peningkatan N gain dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Liveworksheets, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:42
Last Modified: 14 Oct 2021 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5416

Actions (login required)

View Item View Item