Ismayasari, Yanti (2019) Fa’aliyah astikhdam tariqah "Mind Mapping" fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah litarqiyah fahm qawa’id al nahwu fii al fashl al’ashir bi al madrasah ibtida'ulfalah al’aliyah al islamiyah al taabi’ah lijam’iya nahdhatul’ulama' dawe qudus al sanah al dirasiyah 2019m (dirasah syabah tajribiyatin). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1 cover KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (923kB) |
|
Text
3 daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
4 BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
5 bab 2.pdf Download (4MB) |
|
Text
6 BAB 3.pdf Download (2MB) |
|
Text
7 bab 4.pdf Download (5MB) |
|
Text
8 BAB 5.pdf Download (1MB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (713kB) |
Abstract
Bahasa Arab memuat empat keterampilan yaitu keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan- keterampilan itu tidak terlepas dari qawaid sharaf atau nahwu. Maka peneliti menggunakan metode “Mind mapping” dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman qawaid nahwu di kelas X MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Penelitian ini bertujuan 1. untuk mengetahui proses pembelajaran qawaid nahwu sebelum menggunakan metode “Mind Mapping” di kelas X MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus, 2.untuk mengetahui proses pembelajaran qawaid setelah menggunakan metode “ Mind Mapping” dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman qawaid nahwu di kelas sepuluh MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus, 3. Untuk mengetahui efektifitas penggunaan metode “ Mind Mapping” dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman qawaid nahwu di kelas X MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu metode yang berupa angka-angka dan analisinya menggunakan data statistik. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Sedangkan analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan uji t test. Dari penelitian ini, dibuktikan bahwa peningkatan qawaid nahwu siswa kelas eksperimen dalam penggunaan metode “Mind Mapping” dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan pemahaman qawaid nahwu menunjukkan hasil yang baik, karena hasil yang dicapai mencapai nilai rata-rata 76, 29. Dan dari nilai tesyang dihitung menggunakan rumus t tes, t tabel mencapai nilai 5, 933 yang artinya lebih tinggi dari nilai t tabel dengan taraf 5% yaitu 2,00, maka dapat dikatakan adanya peningkatan. Maka hasilnya adalah penggunaan metode “Mind Mapping” efektif dalam meningkatkan pemahaman qawaid nahwu siswa kelas X di MA NU Ibtidaul Falah Dawe Kudus
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Mind Mapping, Qawaid nahwu, Madrasah Ibtidaul Falah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Oct 2021 02:46 |
Last Modified: | 15 Oct 2021 02:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5442 |
Actions (login required)
View Item |