Penanaman Nilai Akhlak Melalui Pengajaran Kitab Ta’limul Muta’allim di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Hidayah, Yulia Noor (2021) Penanaman Nilai Akhlak Melalui Pengajaran Kitab Ta’limul Muta’allim di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (835kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah: (1) Mendeskripsikan bagaimana Pengajaran kitab Ta’limul Muta’allim di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. (2) Mendeskripsikan bagaimana Penanaman Nilai Akhlak Melalui Pengajaran kitab Ta’limul Muta’allim di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, guru pengajar kitab Ta’limul Muta’allim dan siswa, observasi di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: Penelitian ini menggunakan teknik analisis data dari Miles dan Huberman seperti, Koleksi Data (Data Collection), Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display), dan Kesimpulan (Verification). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengajaran sesuai dengan pengajaran yang telah dirancang, Kegiatan pengajaran kitab Ta’limul Muta’allim terdapat komponen dalam pengajaran yaitu: tujuan pengajaran, guru, peserta didik, pendekatan, materi, metode, media dan evaluasi pengajaran. (2) Penanaman nilai akhlak melalui pengajaran kitab Ta’limul Muta’allim sangat berperan penting dalam penanaman nilai akhlak siswa. pengajaran kitab Ta’limul Muta’allim sangatlah bagus bagi kehidupan siswa kedepannya. Dengan mengarahkan siswa untuk selalu bertingkah laku yang baik, baik tata kramanya, sopan santunnya terhadap guru, maupun cara menghargai teman. Seorang guru selalu memberi arahan kepada siswanya untuk selalu bertingkah laku yang baik sesuai dengan kitab Ta’limul Muta’allim. Dari beberapa kebiasaan atau tradisi yang ada di MTs NU Nurul Ulum Jekulo Kudus dapat dipahami sebagai wujud penanaman nilai akhlak bila dikaitkan dengan status dan kedudukan manusia. Dalam hal ini akhlak disini dapat dikelompokkan menjadi beberapa hal yaitu sebagai berikut: Akhlak Kepada Allah SWT, Akhlak Terhadap Sesama Manusia, Akhlak Terhadap Lingkungan. Siswa sudah menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya apa yang telah diajarkan oleh guru mengenai akhlak yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Nilai Akhlak, Kitab Ta’limul Muta’allim.
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:28
Last Modified: 18 Oct 2021 01:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5455

Actions (login required)

View Item View Item