Rotus Saidah, Khoiri (2017) PENDIDIKAN KARAKTER DI KB IT UMAR BIN KHATTAB TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Latarbelakang skripsi dalam penelitian ini adalah perubahan nilai pada masyarakat zaman modern yang semakin lama seperti meningesampingkan pendidikan karakter anak sejak usia dini. Pendidikan karakter sudah seharusnya diberikan secara berkesinambungan baik dirumah maupun diluar rumah. Salah satu usaha menanamkan pendidikan karakter yang kental bisa ditemukan di Kelompok Bermain Islam Terpadu Umar Bin Khattab Kudus.Anak-anak dibiasakan untuk mengucapkan terimakasih, mengucapkan tolong ketika ingin meminta bantuan kepada temannya, dibiasakan meminta maaf jika ada salah paham kepada temannya. Terdengar ucapan yang menurut orang dewasa sepele itu justru jika dibiasakan pada anak usia dini maka dengan hal-hal kecil itu akan melekat pada diri anak yang mencerminkan pribadi yang berkarakter. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penilitian lapangan (field research) di KB IT Umar Bin Khattab kelas B kelompok melati. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) kepada kepala Kelompok Bermain, guru kelas B melati, orangtua dan peserta didik B Melati, dan melalui dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menujukan bahwaPendidikan Karakter Pada Anak Usia DiniDi KB IT Umar Bin Khattab Tahun Pelajaran 2016/2017,yaitu: Pertama, pendidikan karakter pada anak usia dinidilakukan dengan tauladan dan penanaman pembiasaan secara berulang-ulang dan berkelanjutan yang dilakukan oleh guru kepada anak didik sampai benar-benar melekat pada diri anak. Kedua,Faktor penghambat faktor orangtua yang terlalu over protektif dan berlebihan dalam mendidik anak.Faktor lingkungan seringkali memberikan dampak yang tidak baik bagi anak.Faktor media televisi dan HP pengaruhnya sangat besar pada anak terutama dalam hal negatif. Anak lebih suka menirukan adegan film dari pada menirukan apa yang diajarkan guru dan orangtua.Faktor pendukung, kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak, anak tidak merasa terbebani semua pembelajaran dikaitkan dengan permainan supaya anak selalu riang dan gembira. Jumlah guru yang seimbang akan mudah memperhatikan anak didiknya serta orangtua yang mempunyai pemikiran sejalan dengan pihak guru dan KB akan mempermudah proses pendidikan karakter.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan; Karakter; Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 05:24 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 05:24 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/547 |
Actions (login required)
View Item |