Nisak, Durrotun (2021) Implementasi Program Tadarus Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (772kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (606kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (741kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (503kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (536kB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mengetahui metode yang digunakan dalam program tadarus Al-Qur’an di MTs Nu Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Mengetahui implementasi program tadarus Al-Qur’an dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat, serta mengetahui solusinya dalam implementasi program tadarus Al-Qur’an di MTs NU Khoiriyah Bae Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap instansi pendidikan yang terkait yaitu MTs NU Khoiriyah Bae Kudus. Sumber data diperoleh dari kepala madrasah, Waka kurikulum, guru pembimbing program tadarus, dan peserta didik. Dari pembahasan dan hasil Penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa : 1) Metode yang digunakan dalam Program Tadarus Al-Qur’an di MTs NU Khoiriyah yaitu dengan menerapkan metode Yanbu’a dan metode Tanyajawab sebagai upaya meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. 2) Dalam implementasi program tadarus dilaksanakan dengan beberapa aspek yaitu aspek pengetahuan, aspek pelaksanaan dan aspek pembiasaan. Dalam pelaksanaannya dilaksanakan setiap hari minggu pagi dengan waktu 40 menit. Terdapat peningkatan dalam membaca Al-Qur’an, terbukti dengan kemajuan para siswanya dalam peningkatan bacaan Al-Qur’an baik dari segi bacaan, makhrajul huruf, dan tajwidnya. 3) Faktor pendukung program tadarus yaitu tersedianya sarana prasarana, kemampuan siswa, dan minat belajar siswa. faktor penghambat dari segi internal diantaranya: kurang seriusnya peserta didik dalam memahami baca’an Al-Qur’an yang disampaikan oleh guru. Sedangkan Faktor penghambat dari segi eksternal yaitu: Latar belakang anak dilihat dari input anak yang dari SD dan juga ada yang dari MI. Solusi faktor penghambat Siswa harus lebih memperhatikan apa yang diajarkan oleh guru serta guru memberi motivasi tentang pentingnya al-Qur’an dalam kehidupan manusia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Tadarus, Kualitas Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 19 Oct 2021 01:38 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 01:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5472 |
Actions (login required)
View Item |