Syafitri, Vivi (2017) IMPLEMENTASI TEKNIK WAIT TIME PADA PELAJARAN FIQIH DI SMA NU HASYIM ASY’ARI KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi teknik wait time pada pelajaran Fiqih di SMA Nu Hasyim Asy’ari Mlati Kidul Mejobo Kudus, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat teknik wait time pada pelajaran Fiqih di SMA Nu Hasyim Asy’ari Mlati Kidul Mejobo Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan dalam lapangan atau penelitian lapangan (field reseach).Adapun pendekatan yang digunakan penelitian adalah pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi sumber dan data sekunder,teknik pengumpulan data melalui observasi,interview (wawancara) kepada kepala sekolah,waka kurikulum,guru pelajaran Fiqih,peserta didik kelas X,dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data,guru memberikan pertanyaan dengan jangka waktu dan peserta didik menjawab pertanyaan dengan waktu yang sudah ditentukan. Penyajian data meliputi bahwa pembelajaran Fiqih ini guru memberikan pertanyaan dan memberikan waktu yang ditentukan sekitar 15 sampai 30 detik, lalu peserta didik menjawab pertanyaan dari guru dengan waktu yang sudah ditentukan tersebut.Verifikasinya adalah menciptakan pemikiran yang sistematis dari peserta didik saat pembelajaran Fiqih ini berlangsung didalam kelas terutama pada kelas X. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Implementasi teknik wait time pada pelajaran Fiqih di SMA Nu Hasyim Asy’ari Mlati Kidul Mejobo Kudus berdasarkan hasil penelitian adalah dilakukan melalui tiga langkah utama yaitu: tahap penyajian materi diawali dengan membaca Basmalah.Kedua tahap tanya jawab yaitu, langkah dimana guru memberikan pertanyaan-pertanyaan setelah guru selesai penyampaikan materi pada saat pembelajaran berlangsung.Ketiga tahap refleksi yaitu, langkah terakhir guru memberikan keterangan-keterangan tambahan jika masih ada pembahasan materi yang terlewatkan oleh peserta didik.Dengan adanya pembelajaran Fiqih dengan menggunakan teknik wait time yang diterapkan di kelas X di SMA Nu Hasyim Asy’ari Mlati Kidul Mejobo Kudus dapat meningkatkan kemampuan dalam pemahaman peserta didik.2) Berdasarkan faktor yang mendukung yaitu komunikasi siswa yang cukup tinggi dengan guru dalam membangun pengetahuan baru dan didukung oleh fasilitas dari sekolah yang lengkap. Sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu dipengaruhi oleh waktu dan kondisi peserta didik yang mengganggu teman ketika pelajaran. Kata Kunci : TeknikWait Time , mata Pelajaran Fiqih, peserta didik kelasX.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 05:26 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 05:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/552 |
Actions (login required)
View Item |