Analisis Pesan Dakwah Buya Yahya dalam Kajian Menjaga Amanah pada YouTube Al-Bahjah TV, Dakwah dan Komunikasi

Qona’ah, Dian (2021) Analisis Pesan Dakwah Buya Yahya dalam Kajian Menjaga Amanah pada YouTube Al-Bahjah TV, Dakwah dan Komunikasi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (717kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (712kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (949kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (659kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (650kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui pesan dakwah yang disampaikan Buya Yahya (2) Mengetahui bagaimana kelebihan dan kekurangan channel Al-Bahjah TV dalam berkomunikasi dengan mad’unya. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kegiatan dakwah tidak hanya dengan cara tatap muka saja (face to face) melainkan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti memanfaatkan media sosial khususnya media YouTube sebagai media dakwah. Hal ini dilakukan agar dakwah tidak terbatas ruang dan waktu. Berdakwah melalui media YouTube memberikan kemudahan dalam menyampaikan pesan-pesan dakwah kepada mad’u dan mencakup banyak kalangan. Da’i juga dituntut untuk lebih kreatif dalam mengembangkan dakwah di media YouTube. Seperti halnya yang dilakukan Buya Yahya dalam channel YouTube Al-Bahjah TV untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengemas dakwahnya agar dapat memberikan tontonan bernuansa Islami yang dibutuhkan oleh semua kalangan. Memberikan respon langsung di kolom komentar YouTube Al-Bahjah TV apabila mad’u memberikan pertanyaan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan dan penelitian kualitatif. Objek penelitian ini adalah video kajian menjaga amanah. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan peneliti kepada Ustadz Romli selaku admin dari Buya Yahya dengan mengajukan beberapa pertanyaan terkait profil, sejarah serta gambaran umum tentang Buya Yahya dan channel Al-Bahjah TV. Data penelitian ini juga menggunakan teknik observasi non-partisipan dengan cara mengamati dan mencatat apa saja pesan dakwah yang disampaikan oleh Buya Yahya dalam akun YouTube Al-Bahjah TV. Selain itu, peneliti melakukan dokumentasi dengan mendownload video kajian menjaga amanah yang disampaikan Buya Yahya, dari sini peneliti akan menonton dan mengamati video tersebut untuk memperoleh data yang dibutuhkan. Setelah data yang dibutuhkan terkumpul, dapat diperoleh hasil penelitiannya yaitu: 1) Pesan dakwah yang disampaikan Buya Yahya dalam kajian menjaga amanah pada YouTube Al-Bahjah TV mengandung pesan akidah, pesan akhlak, dan pesan syariah. Pesan yang lebih dominan pada kajian menjaga amanah adalah pesan akhlak. Hal yang berkaitan dengan sifat-sifat terpuji atau perilaku yang dilakukan manusia kepada Tuhan-Nya (hablumminallah), antara manusia dengan manusia lainnya (hablumminannas), serta manusia dengan makhluk lain. 2) Kelebihan channel YouTube Al-Bahjah TV dalam berkomunikasi kepada mad’unya adalah adanya konten tanya jawab yang mana berisi seputar kajian-kajian Buya Yahya mengenai ajaran Islam dan berbagai persoaalan yang dihadapi mad’u. Kekurangan channel YouTube Al-Bahjah TV dalam berkomunikasi dengan mad’unya adalah tidak adanya respon langsung dari YouTube Al-Bahjah TV pada komentar mad’u. Sehingga tidak ada feedback antara da’i dan mad’u. Untuk itu, channel YouTube Al-Bahjah TV lebih memperhatikan dan merespon pertanyaan mad’u di kolom komentar agar komunikasi antara da’i dan mad’u terjalin dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pesan Dakwah, Buya Yahya, dan Channel YouTube Al-Bahjah TV
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2021 02:14
Last Modified: 22 Oct 2021 02:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5522

Actions (login required)

View Item View Item