Muntafi’ah, Hanik (2021) Pesan Dakwah dalam Iklan Layanan Masyarakat di I NEWS TV Semarang. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (500kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (548kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (798kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (338kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (383kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana isi pesan dakwah dalam iklan layanan masyarakat di INEWS TV Semarang. Iklan layanan masyarakat mengandung pesan kebaikan yang tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Iklan layanan masyarakat merupakan media yang dibuat dan ditayangkan oleh media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap suatu isu atau kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan tekhnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian setting penelitian ini di INEWS TV Semarang. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 5 video iklan layanan masyarakat yang ditayangkan di INEWS TV Semarang, analisis yang diguanakan dalam penelitian ini adalah analisis isi teori Philip Mayring. Hasil analisis penelitian ini adalah pesan dakwah yang terkandung dalam iklan ,layanan masyarakat yang bertekan tentang Kebersihan, Pembinaan Keluarga, Pencegahan Penyebaran Berita Hoax, Pembinaan Keluarga dan Peran Seorang ibu masuk di kategori pesan akhlaq. Bagaimana diketahui bahwa Ajaran akhlak atau budi pekerti dalam agama Islam termasuk ke dalam pesan dakwah yang penting untuk disampaikan kepada mad’u atau masyarakat, meliputi akhlak terhadap Allah Swt, akhlak terhadap makhluk yang meliputi sesama manusia, terhadap tumbuhan dan juga hewan. Islam sangat menjunjung tinggi nilai-nilai moralitas dalam kehidupan manusia. Dengan akhlak yang baik dan keyakinan agama yang kuat maka islam membendung terjadinya degradasi moral.Pesan dakwah dinilai lebih tepat untuk menjelaskan isi dakwah, berupa kata, gambar, dan sebagainya. Diharapkan dapat memberikan pemahaman, perubahan sikap dan perilaku dalam dakwah. Jika dakwah melalui tulisan, maka yang ditulis ialah pesan dakwah, kemudian jika lisan, maka yang diucapkan pembicara tersebut itulah pesan dakwah, kemudian melalui tindakan maka perbuatan baik itulah pesan dakwah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pesan Dakwah, Iklan layanan Masyarakat, INEWS TV Semarang |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Periklanan > Periklanan dalam Radio dan Televisi Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Periklanan > Periklanan dalam Radio dan Televisi Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Hubungan Masyarakat (masukkan di sini publisitas) Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Hubungan Masyarakat (masukkan di sini publisitas) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 08:03 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 08:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5632 |
Actions (login required)
View Item |