Peran Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dalam Mengembangkan Kognisi Anak pada Pembelajaran Tematik di Masa New Normal SDN Jambean 03 Margorejo Pati Tahun Ajaran 2020/2021

Ayuningsih, Ayuningsih (2021) Peran Latar Belakang Pendidikan Orang Tua dalam Mengembangkan Kognisi Anak pada Pembelajaran Tematik di Masa New Normal SDN Jambean 03 Margorejo Pati Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-kata pengantar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (208kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (672kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (902kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (356kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang meneliti kemampuan kognisi anak kelas II, peran latar belakang pendidikan orang tua, kendala dan solusi dari orang tua. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu data yang diperoleh dari subyek penelitian lapangan dikumpulkan untuk dideskripsikan secara detail berdasarkan cara berfikir, bahasa, ungkapan, pandangan dari subyek penelitian, dan menghindari pendapat peneliti. Subyek penelitian ini adalah guru kelas II, 16 orang tua dari anak kelas II, dan anak kelas II yang berjumlah 16 anak dengan 7 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Data-data tentang peran latar belakang pendidikan orang tua dalam mengembangkan kognisi anak kelas II pada pembelajaran tematik di masa new normal dikumpulkan dengan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipatif, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis menggunakan metode kualitatif, penelitian ini berhasil memperoleh tiga temuan, yaitu: 1) kemampuan kognisi anak kelas II berbeda karena adanya perbedaan waktu yang diberikan oleh orang tua untuk berinteraksi dan pola pembelajaran yang diberikan oleh orang tua. 2) latar belakang pendidikan orang tua tidak berpengaruh, tetapi yang mempengaruhi adalah adanya interaksi dan pola pembelajaran. 3) kendala dari anak kelas II adalah adanya rasa malas belajar tematik dan solusinya yaitu orang tua sabar membimbing anaknya belajar tematik. Kendala dari orang tua yaitu kurangnya strategi yang digunakan dan solusinya yaitu kreativitas dari orang tua penting dalam membimbing anaknya belajar tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan orang tua, kognisi anak, dan pembelajaran tematik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:15
Last Modified: 03 Nov 2021 01:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5635

Actions (login required)

View Item View Item