Kulsum, Efa Umu (2021) Penggunaan Metode Kisah Dalam Al-Qur’an Pada Pembelajaran Anak Usia Dini Di RA NU Manafiul Ulum Jl. Getassrabi No. 01 Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (520kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (300kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (550kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (940kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (572kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (787kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (445kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (406kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode kisah dalam Al-Qur’an pada pembelajaran anak usia dini di RA NU Manafiul Ulum Jl. Getassrabi No. 01 Gebog Kudus. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang menjadi penghambat dan penunjang pelaksanaan metode kisah dalam Al-Qur’an pada pembelajaran anak usia dini di RA NU Manafiul Ulum Jl. Getassrabi No. 01 Gebog Kudus. (3) Untuk mengetahui dampak bagi anak usia dini di RA NU Manafiul Ulum Jl. Getassrabi No. 01 Gebog Kudus setelah diterapkan metode kisah dalam Al-Qur’an. Jenis penelitian ini menggunakan field research, dengan pendekatan kualitatif, yaitu karena peneliti bermaksud memahami situasi secara mendalam, menemukan pola, dan teori. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B usia 4-5 tahun. Uji Keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, perpanjangan pengamatan, triangulasi, menggunakan bahan refrensi, dan member check, serta Uji Dependability, dan Confirmability. Analisis data, Pertama, mereduksi data, Kedua, menyajikan data, Ketiga, Verifikasi. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) Penerapan metode kisah dalam Al-Qur’an terlihat peserta didik cukup antusias dalam menyimak materi yang diajarkan di dalam kelas. (2) Faktor-faktor yang mendukung pembelajaran di RA NU Manafiul Ulum dengan menggunakan metode kisah dalam pembelajaran anak usia dini meliputi, faktor pendukung yang berupa tersedianya sarana prasarana yang cukup memadai, faktor dalam diri peserta didik, faktor dari luar (keluarga dan masyarakat), serta kemampuan profesionalisme guru. Sedangkan faktor penghambat yaitu, faktor internal yaitu berasal dari dalam diri peserta didik itu sendiri yaitu adanya beberapa peserta didik yang sangat aktif di dalam kelas, serta faktor non sosial yaitu kondisi lingkungan di madrasah, dan juga faktor internal peserta didik atau perbedaan karakter yang dimiliki peserta didik. (3) Dampak Metode Kisah Dalam Al-Qur’an di Raudlatul Athfal NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus, materi lebih membekas pada anak didik yang mendengarkannya, membangkitkan semangat, mengarahkan emosi yang dimiliki peserta didik, selain itu bisa juga sebagai perenungan bagi peserta didik, sehingga pesrta didik dapat mendapatkan ibrah/hikmah dari setiap cerita yang disampaikan oleh guru, menjadi tambah iman dan memiliki sikap yang mencerminkan isi dalam cerita (Akhlak mulia).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Kisah dalam Al-Qur’an, Pembelajaran Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 02:48 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 02:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5699 |
Actions (login required)
View Item |