Novayanti, Febi (2017) ANALISIS STRATEGI PENILAIAN NON TES GURU ( PRESENTASI KELAS ) PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTS. ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016,. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (4MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTKA .pdf Download (2MB) |
Abstract
Melihat pentingnya penilaian pendidikan, khususnya mengukur kegiatan belajar mengajar, maka penilaian pendidikan harus dilakukan pada semua mata pelajaran. Penilaian dilaksanakan tidak hanya mengukur aspek kognitif dan psikomotorik, namun juga harus aspek afektif.Penilaian sendiri terbagi menjadi dua yaitu tes dan non tes. Pada penelitian ini akan memfokuskan peneliti pada penilaian non tes. Tujuan dari penilaian non tes adalah untuk mengumpulkan data berupa nilai untuk menentukan sejauh mana, dalam hal apa, dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai. Sehingga seorang pendidik dapat mengetahui tercapai tidaknya kompetensi dasar yang ditetapkanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) persiapan penerapan strategi penilaian non tes guru (presentasi kelas), (2) langkah-langkah pelaksanaan strategi penilaian non tes guru (presentasi kelas), (3) faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam penerapan strategi penilaian non tes guru (presentasi kelas), (4) hasil dari penerapan strategi penilaian non tes guru (presentasi kelas) pada mata pelajaran fiqih di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif.Teknik pengumpulan data meliputi: teknik wawancara, teknik observasi dan teknik dokumentasi. Adapun Subjek Penelitian adalahKepala Sekolah, Waka Kurikulum, guru Fiqih, guru mata pelajaran agama lainnya seperti guru Aqidah Akhlak, SKI dan siswa-siswi di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Hasil penelitian ini sebagai berikut : (1) persiapan penerapan strategi penilaian non tes guru ( presentasi kelas ) pada mata pelajaran fiqih yaitu memilih strategi pembelajaran yang tepat sehingga menjadikan pembelajaran terlaksana dengan sempurna, (2) Langkah-langkah pelaksanaan strategi penilaian non tes guru ( presentasi kelas ) pada mata pelajaran fiqih yaitu dimulai dari guru masuk kelas untuk memberikan materi pembelajaran hingga melaksanakan penilaian, (3) faktor pendukung dan penghambat yang dialami dalam penerapan strategi penilaian non tes guru ( presentasi kelas ) pada mata pelajaran fiqih, yaitu banyak guru mata pelajaran lainnya juga menggunakan penialain non tes, karena mampu membantu guru untuk mengetahui prestasi siswa dari segi keaktifan sikap dan tanggung jawab, siswa-siswi yang aktif dan aktif pada saat presentasi kelas, faktor penghambat meliputi faktor media, faktor teknis dan faktor materi pembelajaran, (4) hasil dari penerapan strategi penilaian non tes guru ( presentasi kelas ) pada mata pelajaran fiqih di MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara yaitu Terdapat hasil pembelajaran yang berbeda ketika guru menerapkan penilan non tes dengan penilaian lainnya. Hal tersebut terlihat ketika nilai siswa yang semakin membaik ketika guru menggunakan penilaian non tes. Kata Kunci : Strategi Penilaian Non Tes Guru ( Presentasi Kelas) Pada Mata Pelajaran Fiqih
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 06:21 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 06:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/570 |
Actions (login required)
View Item |