Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Chalimi Bulungcangkring Jekulo Kudus)

Naza, Muhammad Ahlun (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Chalimi Bulungcangkring Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (712kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (336kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (635kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Chalimi Bulungcangkring Jekulo Kudus, dan faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ‎field research studi kasus. Adapun teknik ‎pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, ‎wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan penyajian data serta ‎pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh: (1) Implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tahfidz ‎Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Chalimi Bulungcangkring Jekulo Kudus dilakukan ‎melalui proses yang dirancang dalam sistem pendidikan pondok mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun metode dan tahapan yang digunakan dalam pelaksanaannya yaitu metode pembiasaan sebagai tahapan ‎moral action, keteladanan sebagai tahapan moral feeling, nasehat dan motivasi ‎langsung, dan tidak langsung (metode cerita) sebagai tahapan moral ‎knowing. Sedangkan untuk evaluasi dibagi tiga, yaitu evaluasi harian, bulanan, dan tahunan. (2) Faktor pendukung proses implementasi pendidikan karakter disiplin dan ‎tanggung jawab melalui program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Chalimi ‎yaitu sistem pendidikan pondok yang terlaksana dengan cukup baik, faktor diri santri sendiri, kemudian didukung ‎adanya peran orang tua santri dalam menjalankan fungsinya untuk mendukung proses ‎pendidikan anak di pondok. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor dari dalam diri santri sendiri, orang tua santri yang ‎kurang bisa menjalankan fungsinya dalam mendukung proses pendidikan anak di pondok, ‎dan kuantitas ustadz murabbi yang kurang sebanding dengan jumlah santri yang diampu.‎

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Tahfidz Al-Qur’an
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Nov 2021 02:10
Last Modified: 08 Nov 2021 02:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5708

Actions (login required)

View Item View Item