Naza, Muhammad Ahlun (2021) Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab melalui Program Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Chalimi Bulungcangkring Jekulo Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1 COVER-KATA PEGNANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (389kB) |
|
Text
3 DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) |
|
Text
4 BAB I.pdf Download (418kB) |
|
Text
5 BAB II.pdf Download (712kB) |
|
Text
6 BAB III.pdf Download (336kB) |
|
Text
7 BAB IV.pdf Download (635kB) |
|
Text
8 BAB V.pdf Download (206kB) |
|
Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (467kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas tentang bagaimana implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Chalimi Bulungcangkring Jekulo Kudus, dan faktor-faktor yang menjadi pendukung serta penghambatnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, dan penyajian data serta pengambilan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis yang diperoleh: (1) Implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Chalimi Bulungcangkring Jekulo Kudus dilakukan melalui proses yang dirancang dalam sistem pendidikan pondok mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun metode dan tahapan yang digunakan dalam pelaksanaannya yaitu metode pembiasaan sebagai tahapan moral action, keteladanan sebagai tahapan moral feeling, nasehat dan motivasi langsung, dan tidak langsung (metode cerita) sebagai tahapan moral knowing. Sedangkan untuk evaluasi dibagi tiga, yaitu evaluasi harian, bulanan, dan tahunan. (2) Faktor pendukung proses implementasi pendidikan karakter disiplin dan tanggung jawab melalui program tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Chalimi yaitu sistem pendidikan pondok yang terlaksana dengan cukup baik, faktor diri santri sendiri, kemudian didukung adanya peran orang tua santri dalam menjalankan fungsinya untuk mendukung proses pendidikan anak di pondok. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor dari dalam diri santri sendiri, orang tua santri yang kurang bisa menjalankan fungsinya dalam mendukung proses pendidikan anak di pondok, dan kuantitas ustadz murabbi yang kurang sebanding dengan jumlah santri yang diampu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab, Tahfidz Al-Qur’an |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:10 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5708 |
Actions (login required)
View Item |