Munitasari, Emi (2021) Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam Al-Ghazali. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (814kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (349kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (354kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (623kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (742kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (441kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (962kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (262kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (471kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui pendidikan akhlak anak menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad, (2) Untuk mengetahui beberapa metode yang digunakan Imam Al-Ghazali dalam mendidik akhlak anak sebagaimana yang termaktub dalam kitab Ayyuhal Walad. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), dengan obyek penelitian kitab Ayyuhal Walad dan didukung oleh beberapa buku lain. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Fokus kajian yang dibahas dalam penelitian ini adalah Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Dalam Kitab Ayyuhal Walad Karya Imam Al-Ghazali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali adalah proses pembentukan akhlak seseorang yang sempurna disertai dengan pembinaaan yang sungguh-sungguh sehingga terwujud suatu keseimbangan. Al-Ghazali menganjurkan pendidikan akhlak harus dilakukan sedini mungkin, karena akan berdampak kepada fase kehidupan setelahnya. Upaya pada penerapan akhlak yang mulia dalam kehidupan sehari-hari seharusnya menjadi bagian yang tidak dapat terpisahkan dari proses pendidikan akhlak anak, baik dalam keluarga maupun dalam masyarakat. Pendidikan akhlak anak yang dipaparkan oleh Imam Al-Ghazali dalam kitab Ayyuhal Walad adalah lebih kepada sikap bagaimana akhlak seorang muslim atau seorang hamba dalam berperilaku, baik kepada Tuhan, diri sendiri, orang lain dan lingkungan sekitarnya. Karena pada dasarnya pendidikan akhlak tidak hanya mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah kepada anak, tetapi juga menanamkan kebiasaan baik, sehingga seorang anak paham, mampu merasakan, dan mau melakukannya. Menurut Imam Al-Ghazali bahwa pendidikan akhlak mencakup tujuan yakni untuk membentuk akhlakul karimah dan untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. 2) Bahwa proses pendidikan akhlak dalam kitab Ayyuhal Walad karya Imam Al-Ghazali disampaikan dengan menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode kisah atau cerita dan metode targhib maupun tarhib.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Akhlak, Usia dini, Ayyuhal Walad |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 02:54 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 02:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5720 |
Actions (login required)
View Item |