Nisa’, Jamilatun (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Peserta Didik Muslim Di SMK Katolik Yos Sudarso Kabupaten Rembang Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (552kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (408kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (594kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (943kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (520kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (763kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (477kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (495kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik muslim di SMK Katolik Yos Sudarso Rembang tahun pelajaran 2020/2021, (2) faktor penghambat dan faktor pendukung proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik muslim di SMK Katolik Yos Sudarso Rembang tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan penelitian lapangan (field research), yaitu dengan meneliti langsung ke lokasi penelitian, serta pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif metode deskriptif. Sumber data dalam peneltian ini didapat dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik muslim di SMK Katolik Yos Sudarso Rembang, meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran serta evaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran, guru Pendidikan Agama Islam terlebih dahulu membuat silabus serta rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan komponen keduanya telah sesuai dengan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Dalam pelaksanaan pembelajaran, aktivitas guru terbagi dua, yaitu instruksional meliputi tiga tahapan, yakni pendahuluan, inti dan penutup; serta aktivitas non-instruksional, yaitu pembawaan guru Pendidikan Agama Islam, meliputi tutur kata, sikap dan perilaku baik dalam berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Dalam evaluasi pembelajaran menggunakan penilaian formatif, sumatif dan penilaian penempatan, ditambah dengan penilaian keterampilan, (2) Faktor penghambat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik muslim di SMK Katolik Yos Sudarso Rembang, yaitu kurangnya kemampuan peserta didik dalam baca tulis Al-Qur’an, terbatasnya waktu pembelajaran Pendidikan Agama Islam, belum adanya musholla, terbatasnya pemantauan perilaku peserta didik di luar jam sekolah. Dengan faktor pendukung, yaitu tersedianya ruang kelas bersama khusus pembelajaran Pendidikan Agama Islam, guru Pendidikan Agama Islam yang kompeten, dukungan peserta didik non-muslim, orang tua, guru-guru serta yayasan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Peserta Didik Muslim, Lembaga Pendidikan Non-muslim |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Nov 2021 03:15 |
Last Modified: | 10 Nov 2021 03:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5757 |
Actions (login required)
View Item |