Pengaruh Bimbingan Keagamaan Orangtua terhadap Perilaku Beragama Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Tingkat SMP di SLB Negeri Jepara

ANUGRATI, KEN SIWI (2021) Pengaruh Bimbingan Keagamaan Orangtua terhadap Perilaku Beragama Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Tingkat SMP di SLB Negeri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (254kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (267kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (357kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (498kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (591kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (419kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Proses pelaksanaan bimbingan keagamaan yang diberikan dan peranan bimbingan keagamaan dalam meningkatkan kebermaknaan hidup pada anak-anak berkebutuhan khusus di SLB N Jepara. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatifdengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif, pengumpulan data kuesioner, observasi dan dokumentasi. Karena data yang di uji sehubungan dengan sebab akibat antara variabel yang sengaja diadakan dengan variabel di luar variabel yang di teliti yaitu ingin mengetahui pengaruh bimbingan keagamaan orangtua terhadap perilaku beragama anak berkebutuhan khusus tunarungu tingkat SMP di SLB N Jepara. Dalam penelitan ini penulis menggunakan regresi linear sederhana yakni metode statistik yang berfungsi untuk menguji sejauh mana hubungan sebab akibat antara variabel faktor penyebab (X) terhadap variabel akibatnya (Y). Faktor Penyebab pada umumnya dilambangkan dengan X atau disebut juga dengan Predictor sedangkan variabel akibat dilambangkan dengan Y atau disebut juga dengan Response. Regresi Linear Sederhana atau sering disingkat dengan SLR (Simple Linear Regression) juga merupakan salah satu Metode Statistik yang dipergunakan dalam produksi untuk melakukan peramalan ataupun prediksi tentang karakteristik kualitas maupun Kuantitas. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang yaitu 9 laki-laki dan 21 perempuan. Melaksanakan shalat wajib tepat pada waktunya menjawab selalu dan sering masing-masing sebesar 11 responden atau 36,7%. Melaksanakan shalat berjamaah Memberikan teladan dan menasehati anak untuk melakukan shalat wajib menjawab selalu sebesar 14 responden atau 46,7% Menjaga etika dan moral Mengajarkan anak untuk sopan santun terhadap orang lain menjawab sering sebesar 12 responden atau 40%. Meningkatkan kepercayaan pada Allah sebagai Tuhannya. Meningkatkan pengetahuan agama Mengajarkan anak untuk amarma’ruf nahi munkar menjawab sering masing-masing sebesar 11 responden atau 36,7%. . Hasil dari penelitian ini mengungkapkan pengujian hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 2,196 dan t tabel sebesar 1,697 (thitung>ttabel) serta taraf signifikansi sebesar 0,040 (<0,05) artinya ada Pengaruh bimbingan keagamaan orang tua terhadap perilaku beragama anak berkebutuhan khusus tunarungu tingkat SMP di SLB N Jepara. Adapun pengaruhnya adalah para siswa mampu melakukan nilai-nilai beragama, penghayatan, nilai-nilai bersikap, mampu memahami diri, mampu bertindak positif, mampu melakukan ibadah dengan giat dan rajin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan, Perilaku Beragama, Anak berkebutuhan khusus tunarungu.
Subjects: 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:17
Last Modified: 11 Nov 2021 02:17
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5778

Actions (login required)

View Item View Item