Implementasi Media Bermain Flashcard Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di RA Al Khurriyah 02

Ni’mah, Sa’diyah Auliyana (2021) Implementasi Media Bermain Flashcard Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini Di RA Al Khurriyah 02. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (778kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (692kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (222kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya implementasi media bermain flashcard dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di RA Al Khurriyah 02 dan faktor pendukung serta penghambat dalam implementasi media bermain flashcard dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di RA Al Khurriyah 02. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang melibatkan partisipan meliputi wali kelas A dan 4 peserta didik kelas A. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi media bermain flashcard dimulai dari Guru meminta siswa menunjukkan gambar binatang yang sesuai di flashcard, Guru mengeksplor pengalaman siswa berdasarkan flashcard yang diperlihatkan, Guru bertanya kembali apa yang sudah diterangkan melalui permainan kuis. Anak mendapatkan pengetahuan tentang binatang kurban, peliharaan, serangga dan buas melalui cerita guru, harapannya anak mampu mendengarkan cerita dengan baik sehingga memperoleh pengetahuan dari guru. Anak menyebutkan nama binatang kurban, peliharaan, serangga dan buas melalui contoh dari guru, ketika guru menyebutkan binatang secara berulang-ulang maka anak akan menirukan apa yang dicontohkan oleh guru. Anak membaca gambar melalui flashcard yang ditunjukkan oleh guru, jika anak belum bisa membaca tulisan maka anak tetap dapat membaca dengan melalui gambar. Anak menceritakan pengalaman tentang binatang kurban, peliharaan, serangga dan buas melalui pertanyaan guru, dengan cara tersebut maka anak mampu mengolah kata untuk menceritakan pengalaman yang pernah mereka lihat. Faktor yang mendukung implementasi media bermain flashcard dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di RA Al Khurriyah 02 yaitu dari peserta didik yang menunjukkan senang dan tertarik ketika pembelajan guru menggunakan media bermain flashcard . Dari guru juga menentukan ketika dapat membuat suasana yang kondusif saat kegiatan pembelajaran maka akan mudah dalam penyampaian pembelajaran ke peserta didik. Sedanglan yang menjadi penghambat dalam implementasi media bermain flashcard dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di RA Al Khurriyah 02 ada pada perilaku awal peserta didik yang sudah menunjukkan ketidak siapan atau mood anak kurang menyenangkan selama pembelajaran jadi maka dari itu guru harus lebih kreatif dalam pengkondisian kelas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Flashcard, Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini, Cerita, Pengalaman, Tema Binatang
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2021 02:41
Last Modified: 11 Nov 2021 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5782

Actions (login required)

View Item View Item