Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist Kelas X di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020

Maulana, Ridwan (2021) Pengaruh Budaya Literasi Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran al-Qur’an Hadist Kelas X di MAN 2 Kudus Tahun Pelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (838kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (875kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (656kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (861kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Kudus yang bertujuan 1) untuk mengetahui Budaya literasi sekolah siswa kelas X di MAN 2 Kudus tahun ajaran 2019/2020, 2) kemudian untuk mengetahui tingkat prestasi belajar Al–Qur’an Hadits siswa kelas X di MAN 2 Kudus tahun ajaran 2019–2020, 3) dan ada tidaknya pengaruh budaya literasi sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran Al Qur’an Hadits siswa kelas X di MAN 2 Kudus tahun ajaran 2019–2020. Untuk melakukan penelitian ini, di gunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di MAN 2 Kudus yang berjumlah 395 siswa. Maka dilakukan pengambilan sample penelitian menggunakan teknik cluster sampling dengan mengambil siswa kelas X IPA 4, kelas X IPA 5, dan kelas X IPA 6 yang seluruhnya berjumlah 58 siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Budaya literasi sekolah terhadap Prestasi Belajar Qur’an Hadits siswa kelas X di MAN 2 Kudus tahun ajaran 2019/2020. 2) Dari Hasil analisis data menunjukan bahwa nilai t=21,024 dan signifikansi 0,000. Nilai tersebut menunjukan bahwa pengaruh budaya literasi sangat signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik mata pelajaran Qur’an Hadis di MAN 2 Kudus. 3) Kemudian Hasil analisis nilai R = 0,942. Nilai tersebut menunjukan ada Hubungan variabel Budaya literasi sekolah terhadap prestasi belajar Qur’an Hadits Sangat Tinggi. Nilai Adjusted R Square yang diperoleh dari penelitian mengenai pengaruh budaya literasi sekolah terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadits siswa kelas X di MAN 2 Kudus adalah sebesar 0,886 hal tersebut menunjukan bahwa variabel Budaya literasi sekolah memberikan kontribusi 88,6% terhadap prestasi belajar al-Qur’an Hadits di pengaruhi oleh Budaya literasi sekolah dan sisanya 11,4% di pengaruhi oleh variabel lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Budaya Literasi Sekolah, Prestasi Belajar
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Disiplin Sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:02
Last Modified: 11 Nov 2021 03:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5786

Actions (login required)

View Item View Item