Analisis Kesalahan Memecahkan Masalah Soal Cerita Geometri Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berdasarkan Prosedur Newman

Novia, Septa (2021) Analisis Kesalahan Memecahkan Masalah Soal Cerita Geometri Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berdasarkan Prosedur Newman. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (4MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (4MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (4MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dalam membongkar soal cerita ada beberapa langkah meliputi membaca serta menguasai, membuat model perhitungan, dan melaksanakan perhitungan serta menarik kesimpulan. Bila pada salah satu langkah ada kesalahan maka berdampak pada kesalahan selanjutnya. Hingga analisis kesalahan Newman merupakan salah satu metode yang bisa digunakan ketika mengenali macam- macam kesalahan yang dikerjakan siswa dalam membongkar soal cerita secara lebih rinci. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan macam-macam kesalahan siswa dan faktor penyebab dari kesalahan siswa dalam memecahkan masalah soal cerita geometri materi bangun ruang sisi datar kelas VIII yang terintegrasi nilai-nilai Islam berdasarkan prosedur Newman. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jenis kesalahan yang telah diidentifikasi berdasarkan hasil dari jawaban siswa kelas VIII salah satu Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu di Kabupaten Jepara dalam memecahkan soal cerita geometri yang terintegrasi nilai-nilai Islam berdasakan prosedur Newman meliputi 5 kekeliruan, yaitu kekeliruan membaca (reading), kekeliruan memahami (comprehension), kekeliruan transformasi (transformation), kekeliruan keterampilan proses (process skill), serta kekeliruan penentuan jawaban akhir (encoding). Berdasarkan perhitungan persentase diperoleh hasil terkait kekeliruan terendah yang dilakukan siswa terdapat di kekeliruan membaca, sedangkan kekeliruan tertinggi dibuat siswa terdapat di kekeliruan penentuan jawaban akhir. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan adalah kurang membiasakan soal-soal matematika khususnya soal cerita,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan, Soal Cerita, Geometri, Prosedur Newman.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:37
Last Modified: 12 Nov 2021 01:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5796

Actions (login required)

View Item View Item