Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Novel Tuhan Maha Asyik Karya Sujiwo Tejo Dan MN. Kamba Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam

Rochayatun, Siti (2021) Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Novel Tuhan Maha Asyik Karya Sujiwo Tejo Dan MN. Kamba Serta Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (330kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (564kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (556kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (708kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (343kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

Pendidikan multikultural adalah sebuah proses pendidikan yang mengedepankan keragaman, toleransi, kesetaraan, humanisme, pluralisme, dan demokrasi,. Penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya melalui media novel. Novel dapat menjadi salah satu medianpengajaran pendidikan multi kultural yang tepat karen pada masa sekarang manusia mulai tertarik untuk membaca novel . Salah satu novel yang dapat di jadilkan bahan ajar pendidikan multikultural adalah novel Tuhan Maha Asyik karya Sujiwo Tejo dan MN. Kamba karena di dalamnya berisikan kisah-kisah menarik antar bocan dalam memahami atau menafsirkan Tuhan dan ajaran- ajaranya yang di kemas dengan versi bocah yang renyah dan menarik. Pendidikan Islam adalah suatu usaha pembimbingan jasmani maupun rohani menuju terbentuknya kepribadian utama menurut ajara-ajaran islam. Sehingga dalam penelitian ini, penulis meneliti Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Dalam Novel Tuhan Maha Asyik Karya Sujiwo Tejo Dan MN. Kamba Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu novel Tuhan Maha Asyik, dan sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, internet, majalah dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Setelah data terkumpul selanjutnya dipilih dan dipilah serta diklasifikasikan untuk kemudian dilakuan analisis data. Kemudian dalam metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis semiotic Ferdind De Saussure. Jenis metode ini akan penulis gunakan dalam upaya menerangkan nilai-nilai pendidikan multikultural dalam novel Tuhan Maha Asyik karya Sujiwo tejo dan MN.Kamba. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, ditemukan kesimpulan mengenai nilai-nilai pendidikan multikultural yang terdapat dalam novel Tuhan Maha Asyik Karya Sujiwo Tejo dan MN. Kamba berdasarkan teori semiotic Ferdinad De Saussure yaitu 1) Nilai Toleransi, 2) Nilai Kesetaraan, 3) Nilai Humanisme, 4) Nilai Pluralisme, dan 5) Nilai Demokrasi. Nilai-nilai pendidikan multikultural dalam novel Tuhan Maha Asyik mempunyai relevansi dengan Pendidikan Islam, dalam novel Tuhan Maha Asyik, tokoh-tokoh dalam novel mengajarkan cara manusia bertingkah laku ke pada manusia lain dengan mengamalkan nilai- nilai multikultural, sehingga menjadikan manusia yang berakhlakul karimah sesuai ajaran Al-Qur’an dan AS-Sunnah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Novel Tuhan Maha Asyik, Pendidikan Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2021 01:41
Last Modified: 12 Nov 2021 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5797

Actions (login required)

View Item View Item