Khunaifah, Aina (2021) Pengaruh Program Tahfidz Al-Qu’an Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Di Kelas XI MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (641kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (150kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (376kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (476kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (368kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (522kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (274kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program tahfidz di MA NU Al-hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun 2020/2021, untuk mengetahui bagaimana hasil dari belajar pada Mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun 2020/2021. Dan untuk mengetahui pengaruh dari program tahfidz Al-Qur’an terhadapa hasil belajar pada Mata pelajaran Al-Qur’an hadits di kelas XI MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun 2020/2021. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data berupa Angket (kuesioner). angket di sebarkan kepada responden dengan sampel 23 peserta didik dan teknik dalam menentukan sampel menggunakan teknik sampel jenuh, yaitu sampel yang diambil secara keseluruhan karena sampel kurang dari 100. Kemudian untuk tempat pelaksanaan penelitian di MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus di kelas XI tahfidz. Demikian untuk hasil penelitian yang dilaksanakan adalah (1) pada program tahfidz Al-Qur’an di MA NU Al-Hidayah menduduki dalam kategori baik yang dimana dari perolehan angket penelitiannya memperoleh hasil 63,47 yang masuk dalam rentang interval 61-64. (2) pada hasil belajarnya di Mata Pelajaran Al-Qur’an di MA NU Al-Hidayah Hadits Getassrabi Gebog Kudus memperoleh hasil nilai sebesar 72 yang masuk dalam rentang interval 68-75. (3) terdapatnya pengaruh positif dan signifikan antara program tahfidz Al-Qur’an terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas XI MA NU Al-Hidayah Getassrabi Gebog Kudus tahun 2020/2021. Dan hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil penghitungan dari nilai F hitung dengan nilai 11,366 dan nilai dari F tabelnya 4,32, maka 11,366 > 4,32 yang artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan anatar kedua variabel yaitu pada program tahfidz Al-Qur’an terhadap hasil belajar pada Mata Pelajaran Al-qur;an Hadits. Untuk nilai dari koefisien determinasi sebesar 35,11% yang merupakan bahwa hasil dari belajar mata pelajaran Al-Qur’an hadits ditentukan oleh program tahfidz Al-Qur’an dengan nilai 35,11%. Kemudian pada penghitungan korelasi memperoleh nilai 0,593, sehingga dalam pemberian nilai interprestai pada koefisien korelasi menduduki dalam klasifikasi kategori “sedang” yaitu pada interval 0,40-0,599
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program tahfidz Al-Qur’an , Hasil belajar Al-Qur’an Hadits |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 02:39 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 02:39 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5807 |
Actions (login required)
View Item |