Muthiah, Izzatul Mustafidah El (2021) Internalisasi Nilai-nilai Karakter Siswa Dalam Tembang Kinanthi Sunan Muria Melalui Pembelajaran SKI Di MTS Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
cover-kata pengantar.pdf Download (776kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (142kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (571kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (481kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (451kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (730kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (297kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (355kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil internalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam Tembang Kinanthi Sunan Muria melalui pembelajaran SKI di MTs Darul Anwar Cranggang. Adapun rumusan masalahnya adalah: (1). Apa sajakah nilai-nilai yang terkandung dalam tembang kinanthi Sunan Muria?, (2). Bagaimana upaya Internalisasi nilai-nilai karakter siswa dalam tembang kinanthi Sunan Muria di MTs NU Darul Anwar Cranggang?, (3). Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat MTs NU Darul Anwar Cranggang dalam menanamkan nilai-nilai karakter siswa dalam tembang kinanthi Sunan Muria melalui pembelajaran SKI?. Jenis peneliti ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi di MTS NU Darul Anwar Cranggang Dawe Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru mata pelajaran SKI, dan siswa kelas IX. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan metode analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, data display (penyajian data), dan verifikasi atau Penarikan Kesimpulan. Hasil analisis data dapat diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut: nilai-nilai karakter siswa dalam tembang kinanthi melalui pembelajaran SKI di MTs NU Darul Anwar Cranggang, dalam menyesuaikan dari tujuan pendidikan nasional MTs NU Darul Anwar Cranggang juga memiliki tujuan yang menjadikan siswa lebih berkarakter. Salah satu pentingnya penanaman nilai-nilai karakter siswa yaitu dengan memberikan metode pembelajaran yang tepat dan dibantu oleh sarana prasarana yang lengkap. Kepala madrasah mengupayakan agar tercapainya internalisasi nilai-nilai karakter siswa dengan mendukung kegiatan belajar mengajar dikelas memberikan fasilitas pembelajaran seperti buku paket, ruang kelas, LKS, dan media pendukung lainnya, menerapkan program K3 (kebersihan, keindahan, dan ketertiban) di lingkungan madrasah, mengadakan ziarah kubur, dan lain sebagainya. Begitupun dengan guru SKI juga mengupayakan internalisasi nilai-nilai karakter siswa dengan cara bersyair, menerjemahkan syair dan menyebutkan nilai-nilai karakter dari setiap lirik syair tembang kinanthi. Dengan internalisasi nilai-nilai karakter tersebut diharapkan siswa mampu menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari dan menjadi siswa yang berkarakter serta berakhlakul karimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-nilai karakter, tembang kinanthi, pembelajaran SKI |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 02:48 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 02:48 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5810 |
Actions (login required)
View Item |