Efektivitas Penggunaan Metode Bermain Mengecat Batu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak-Anak Kelompok B di Tk Ngudi Kaweruh Desa Pule Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Novitasari, Amirotul Latifa (2021) Efektivitas Penggunaan Metode Bermain Mengecat Batu Terhadap Kecerdasan Kinestetik Anak-Anak Kelompok B di Tk Ngudi Kaweruh Desa Pule Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 HALAMAN AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (708kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (551kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (846kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (965kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (775kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (665kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan metode bermain mengecat batu terhadap kecerdasan kinestetik anak-anak kelompok B di TK Ngudi Kaweruh Desa Pule Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kuantitatif kuasi eksperimen control group design, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode bermain mengecat batu pada kelas eksperimen dan konvesional pada kelas kontrol. Setelah melakukan proses bermain kecerdasan kinestetik anak-anak kelompok B diukur melalui soal pre test dan post tes. Sampel yang digunakan sebagai obyek penelitian sebanyak 2 kelompok yangg masing-masing terdiri dari 12 siswa. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney untuk membandingkan antara kelompok eksperimen dan kontrol. Hasil analisis penelitian ini dapat diketahui bahwa: 1) Pembelajaran dengan metode bermain mengecat batu di TK Ngudi Kaweruh Desa Pule Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021 dapat dilihat dari hasil penilaian dari pengamatan pelaksanaan metode bermain mengecat batu pada kelompok eksperimen sebesar 16,4 dengan rerata 3,28 dan dipersentasikan sebesar 82% termasuk kedalam kategori berkembang seseuai harapan (BSH). Sedangkan pada kelompok kontrol sebesar 13,9 dengan rerata 2,78 dan dipersentasikan sebesar 69,5% termasuk kategori mulai berkembang (MB). 2) Besar pengaruh metode bermain mengecat batu terhadap kecerdasan kinestetik anak-anak kelompok B di TK Ngudi Kaweruh Desa Pule Mayong Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Dapat diketahui dari analisis data menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai signifikansi (p value) 0,000 < 0,05, maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima atau terdapat perbedaan kecerdasan kinestetik anak pada kelas eksperimen dengan menerapkan metode bermain mengecat batu menggunakan cat warna dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode bermain mewarnai batu dengan krayon pada peserta didik TK Ngudi Kaweruh Desa Pule Mayong Jepara pada tahun ajaran 2020/2021. Dengan besar pengaruh nilai persentasenya sebesar 70,7% dan sisanya 29,3% dipengaruhi oleh variabel lain terkait dengan kecerdasan kinestetik anak-anak TK

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain, Mengecat Batu, Kecerdasan Kinestetik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Nov 2021 02:53
Last Modified: 12 Nov 2021 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5812

Actions (login required)

View Item View Item