Tsaniyah, Khotimatus (2021) Keefektifan Ta’zir Edukatif Devisi Kegiatan dalam Menguatkan Hafalan Al-Qur’an Santri di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (680kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (616kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (821kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (663kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (600kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (606kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi ta’zir edukatif devisi kegiatan dalam menguatkan hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz Putri al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus 2) Keefektifan ta’zir edukatif devisi kegiatan dalam menguatkan hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz Putri al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus. Penelitian ini menggunakan metode penelitian field research (penelitian lapangan) yang disajikan secara deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pengasuh pondok pesantren, pengurus devisi kegiatan, dan santri pondok pesantren tahfidz putri al-Ghurobaa’. Data penelitian dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, menggunakan bahan referensi dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi ta’zir edukatif devisi kegiatan dalam menguatkan hafalan al-Qur’an santri di Pondok Pesantren Tahfidz Putri al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus diberikan kepada santri yang tidak mengikuti sholat fardlu berjamaah dikenakan ta’zir berupa mengampu simaan deresan, santri yang tidak mengikuti sholat sunnah dhuha atau tahajud dikenakan ta’zir nderes 1 juz dengan menggunakan metode takrir, kemudian santri yang tidak mengikuti kegiatan jam wajib nderes dikenakan ta’zir berat yaitu simaan menggunakan model simaan estafet. 2) ta’zir edukatif devisi kegiatan yang berupa nderes diterapkan untuk menjadikan santri jera dan dapat membantu menguatkan hafalannya dengan dorongan paksaan, ta’zir edukatif juga menjadikan santri memiliki sifat tanggungjawab yang besar, memelihara dan menjaga hafalan, santri dapat mengetahui letak kesalahan hafalannya, santri lebih melek akan pentingnya manfaat melaksanakan sholat fardhu berjama’ah, sholat sunnah dhuha dan tahajud serta pentingnya mengikuti kegiatan jam wajib nderes sehingga dapat di aplikasikan di luar pondok pesantren
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan Ta’zir Edukatif, Hafalan al-Qur’an santri |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 12 Nov 2021 03:00 |
Last Modified: | 12 Nov 2021 03:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5813 |
Actions (login required)
View Item |