Implementasi Integrasi Mata Pelajaran Sains dengan PAI Dalam Upaya Peningkatan Mutu di MI An Nashriyah Lasem

Mashuda, Mashuda (2021) Implementasi Integrasi Mata Pelajaran Sains dengan PAI Dalam Upaya Peningkatan Mutu di MI An Nashriyah Lasem. Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (608kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (422kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (893kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (398kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (874kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mrnggunakan pendekatan diskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi integrasi mata pelajaran sains dengan PAI sebagai upaya untuk peningkatan mutu yang ada di MI An Nashriyah Lasem. Implementasi integrasi mata pelajaran sains dengan PAI merupakan kegiatan menggabungkan proses pembelajaran KD-KD yang ada kesesuaian antara mata pelajaran sains dengan PAI dalam upaya peningkatan mutu yang ada di MI An Nashriyah Lasem. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas atau guru mata pelajaran yang mengajar mapel sains atau IPA yang diintegrasikan dengan PAI siswa di kelas IV dan V MI An Nasriyah Lasem. Sedangkan obyek penelitian ini adalah implementasi integrasi pembelajaran sains (IPA) terhadap mapel PAI dikelas IV dan V MI An Nasriyah Lasem. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pelaksanaan integrasi yang diawali dari pemetaan KD-KD yang ada kesesuaian antara mata pelajaran sains dengan PAI, penyusunan rencana pembelajaran sampai dengan evaluasi hasil pembelajaran. Proses pelaksanaan integrasi berjalan dengan baik. Pelaksanaan integrasi menggunakan model pembelajaran terpadu model integrade yaitu menggunakan pendekatan antar bidang studi atau mata pelajaran sains dengan PAI. Namun juga ada kendala yang dihadapi yaitu kurangnya pengetahuan sebagian guru terhadap proses integrasi akibat kurang memahami materi pada mata pelajaran PAI. adanya pengembangan proses pembelajaran pada standar proses yaitu sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses bahkan ada pengembangan proses pembelajaran yaitu dengan cara mengintegrasikan antar mata pelajaran, sehingga waktu yang tersedia lebih efektifitas dan komprehensif dalam mempelajarai berbagai bidang ilmu sehingga dapat meningkatkan kompetensi peserta didik utamanya dalam sikap, pengetahuan dan ketrampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Integrasi mata pelajaran Sains dengan PAI, Upaya Peningkatan mutu
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Nov 2021 01:44
Last Modified: 15 Nov 2021 01:56
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5817

Actions (login required)

View Item View Item