Adiba, Dzikrina Farah (2021) Penerapan Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Penghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur’an Loram Kulon Kudus Tahun 2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (443kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (363kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (642kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (899kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (443kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (422kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (483kB) |
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan penting dalam membentuk sumber daya manusia yang berkualitas. Pesantren merupakan lembaga pendidikan di Indonesia yang bersifat nonformal yang mempunyai tujuan untuk menghasilkan kader-kader ulama yang berakhlak mulia dan memiliki kekuatan spiritual yang tinggi. Menghafal al-Qur’an adalah suatu proses membaca dan mengingat al-Qur’an tanpa melihat mushaf. Adanya perintah dari Allah SWT kepada umat Islam untuk selalu memperhatikan al-Qur’an sebagai pedoman hidup umat Islam. Al-Qur’an juga harus dijaga agar keasliannya tidak berubah baik dari segi bacaan, huruf, dan maknanya. Setiap orang memiliki perbedaan baik kelebihan dan kekurangan dalam kemampuan menghafal dan mengingat al-Qur’an. Hal tersebut menjadi salah satu alasan diterapkannya metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an. Metode talaqqi ini merupakan metode yang digunakan oleh pendidik dengan cara berhadapan langsung dengan peserta didik dengan menyetorkan atau mendengarkan hafalan al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan santri penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur’an Loram Kulon Kudus, 2) Untuk mengetahui dampak penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan santri penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur’an Loram Kulon Kudus, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan santri penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur’an Loram Kulon Kudus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan santri penghafal al-Qur’an di Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur’an dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi Kata Kunci: Metode Talaqqi, Kualitas Hafalan Santri Penghafal al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DAFTAR PUSTAKA Abdul Majid Khon. 2011. Praktikum Qira’at, Keanehan Bacaan Al-Qur’an Qira’at Ashim Dari Hafalan . Jakarta: Amzah. Abdullah, Muhammad Ahmad. 2009. Metode Cepat Dan Efektif Menghafal Al-Qur’an. Jogjakarta: Garailmu. Nawabuddin, Abdurrab. 2005. Teknik Menghafal Al-Qur’an Kaifa Tahfazhul Qur’an. Bandung: Sinar Baru Algensindo. al-Majidi, Abdussalam Muqbil. 2008. Bagaimana Rasulullah Mengajarkan Al-Qur’an Kepada Para Sahabat. Jakarta: Darul Falah. Badwilan, Ahmad Salim. 2009. Panduan Cepat Menghafal Al�Qur’an. Jogjakarta: Diva Press. Madyan, Ahmad Shams. 2008. Peta Pembelajaran Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ahmadi, Rulam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Al-Faroh, Muhammad Nuruzzukhal. 16 Maret 2021. Hasil Wawancara dengan Santri Penghafal al-Qur'an. Al-Hafidh, Abdul Aziz Abdul Rauf. 2004. Kiat Sukses Menjadi Hafidh Al-Qur’an Bandung: Syamil. Al-Hafidh, Ahsin. 2005. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara. Al-Hafidz, Ahsin W. 2008. Kamus Ilmu Al-Qur’an. Jakarta: Amzah. Al-Laahim, Khalid bin Abdul Karim. 2008. Mengapa Saya Menghafal Al-Qur’an?. Solo: Daar an-Naba’. Alwi, B. Marjani. (2013). ‘Pondok Pesantren: Ciri Khas, Perkembangan, Dan Sistem Pendidikannya’, Lentera Pendidikan 16. no. 2. Qosim, Amjad. 2008. Hafal Al-Qur’an Dalam Sebulan, Solo: Qiblat Press. Arikunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta. Arief, Armai. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press. Chairani, Lisya. 2010. Psikologi Santri Penghafal Al-Qur’an: Peranan Regulasi Diri. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Chasanah, Afidatul. 16 Maret 2021. Hasil Wawancara dengan Santri Penghafal al-Qur'an. Darwis, Amri. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Islam: Pengembangan Ilmu Berparadigma Islam. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Indonesia, Departemen Pendidikan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka. Sudjana, Djuju. 2006. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya. Eri Satria, Dewi Tresnawati, Anita Nur Vitrya. (2015). "Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Iqra’ Dan Tajwid Berdasarkan Metode Asy-Syafi’i Menggunakan Sistem Mulitimedia”. Jurnal Algoritma, 12. no. 1. Falah, Ahmad. 2009. Materi Dan Pembelajaran Fiqih Mts-MA. Kudus: STAIN Kudus. Farahiya, Anita. ‘Problem Dan Tantangan Menghafal Al-Qur’an’ <https://www.kompasiana.com/anitafarahiya/59dec7b548693 230ad536282/pasti-ada-tantangan-untuk-menghafal-al-qur�an>. Fatkhurrohman, Muhammad. 2019. "Penerapan Metode Muraja’Ah Dalam Meningkatkan Kwalitas Hafalan Al�Qur’an Siswa Kelas VII A Di SMP Al-Muayyad Surakarta Tahun Pelajaran 2018 / 2019’. IAIN Surakarta. Hamam, Hasan bin Ahmad bin Hasan. 2008. Menghafal Al-Qur’an Itu Mudah. Jakarta: Pustaka At-Tazkia. Hamid, Torikhul Wasyik dan Abdul. (2020). ‘Implementasi E�Learning Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Era Covid-19 Di Sanggar Tahfidz Entrepreneur Krian Sidoarjo’, Edudeena, 4. no. 1. Harun, Abah Abdurrahman. 11 Maret 2021. Hasil Wawancara ddengan Pengassuh Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur'an Loram Kulon Kudus. Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Dan Aplikasinya Jakarta: Ghalia Indonesia. Herwibowo, Bobby. 2014. Teknik Quantum Rasulullah. Jakarta: Noura Books. Iryadi, Saied Al-Makhtum dan Yadi. 2016. Karantina Hafal Al�Qur’an Sebulan. Ponorogo: Alam Pena. Moleong, Lexy. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Rosda Karya. Karzun, Anas Ahmad. 2004. 15 Kiat Meenghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT. Mizan Publikasi. Khumaira, Widiani Hidayah dan Widia. (2020). ‘Pembelajaran Tahfidzul Qur’an Di Pesantren Pada Masa Pandemi Covid�19’, Khazanah: Jurnal Mahasiswa, 12. no. 1. Observasi oleh peneliti di Pondok Pesantren Putra Putri Huffadz Roudlotul Qur’an Loram Kudus. 24 Maret 2021. Mafluchah, Siti. 2016. ‘Efektivitas Metode Talaqqi & Musyâfahah Dalam Pembelajaran Tahfizh Al- Qur’an (Studi Kualitatif Mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta)’. Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Makhyaruddin. 2016. Rahasia Nikmatnya Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: PT. Mizan Publikasi. Marzuki. 2005. Metodologi Riset. Yogyakarta: Ekonosia. Masrukhin. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif. Kudus: Media Ilmu Press. Munir, Misbahul. 2005. Ilmu Dan Seni Qiro’atil Qur’an Pedoman Bagi Qari’-Qari’ah, Hafidz-Hafidzah, Dan Hakim Dalmq. Semarang: Binawan. Mubaroq, Muhammad Bisri. 16 MARET 2021. Hasil Wawancara dengan Santri Penghafal al-Qur'an. Muhadjir, Noeng. 2002. Metode Penelitian Kualitatif, IV. Yogyakarta: Rake Sarasin. Munjahid. 2007. Strategi Menghafal Al-Qur’an 10 Bulan Khatam. Yogyakarta: Idea Press. Nurkholis. (2013). ‘PENDIDIKAN DALAM UPAYA MEMAJUKAN TEKNOLOGI’. Jurnal Kependidikan, 1. no. 1. Purwanto, M. Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Qowi, Abdul. (2017). ‘Peningkatan PrestasiHafalan Al-Qur’an Melalui Metode Talaqqi Di MTsN Gampong Teungoh Aceh Utara’, Islam Futura, 16.2. RI, Departeman Agama. 2013. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Pemerintah Provinsi Banten. RI, Kementerian Agama. 2012. Al-Qur’an Dan Terjemah. Bandung: Syaamil Qur’an. Riskha, Kiki Rio. 2019. ‘Implementasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an Siswa (Studi Komparasi Di SD Kyai Ibrahim Surabaya Dan Pusat Pembelajaran Ilmu Al-Qur’an Surabaya)’. UIN Sunan Ampel Surabaya. Sa’diyah, Chalimatus. 16 Maret 2021. Hasil Wawancara dengan Santri Penghafal al-Qur'an. Sa’dulloh. 2008. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani. Samiudin. (2016). ‘Peran Metode Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran’, Jurnal Studi Islam, 11.2. Saptadi, Heri. (2012). ‘Faktor-Faktor Pendukung Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling’, Jurnal Bimbingan Konseling, 1.2. Shihab, Quraish. 1999. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan. Shodiqin, Ustadz Ali. 11 Maret 2021. Hasil Wawancara dengan Pengajar Santri Penghafal al-Qur'an. Sholeh, Leni Dwi Haryani dan Muhtar Arifin. (2019). ‘Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al�Qur’an Peserta Didik Di SDIT Ulul Albab Weleri’, Ta’dibuna:Jurnal Pendidikan IAgama, 2.2. Subagyo, P Joko. 1997. Metode Penelitian Dalam Teori Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta. Sugianto. 2006. Kiat Praktis Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Mujahid Press, Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujana, I Wayan Cong. (2019). ‘Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia’, ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Volume., 4.4. Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Suriansyah, Muhammad Arsyad. (2020). ‘Implementasi Metode Talaqqibdan Musyafahah Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Di SD Swasta Salsa’, Fitrah: Journal Of IslamicEducation, 1.2. Susianti, Cucu. (2016). ‘Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini’, Tunas Siliwangi, 2.1. Syafe’i, Imam. (2017). ‘Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Karakter’, At-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8. Syarifuddin, Ahmad. 2006. Mendidik Anak Membaca, Menulis, Dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, Tabrani Rusyan, Dkk. 1989. Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV. Remaja Rosdakarya. Ubaidi, Majdi. 2014, 9 Langkah Mudah Menghafal Al-Qur’an. Solo: Aqwan. Wahid, Mustaqim dan Abdul. 1991. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Reneka Cipta. Wahid, Wiwi Alawiyah. 2014. Cara CepatBisa Menghafal Al�Qur’an. Jogjakarta: Irsicod. Wardah, Atik Murobbiyatul. 2019. ‘Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Qur ’ an (Studi Multikasus Di TK Khairunnas Nurul Hayat Surabaya Dan SMP Khairunnas Nurul Hayat Tuban) TESIS’. UIN Sunan Ampel Surabaya. Wijaya, Ahsin. 1994. Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Bumi Aksara. Zamroni, Mokhamad. 2011. ‘Penerapan Metode Wahdah Dalam Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Nurul Furqon Brakas Desa Terkesi Kecamatan Klambu Kabupaten Grobogan Tahun 2010/2011’. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 15 Nov 2021 02:42 |
Last Modified: | 15 Nov 2021 02:42 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5828 |
Actions (login required)
View Item |